Replace default libreoffice icon style

Siapa yang nggak tau libreoffice? Mesti udah cukup familiar sama perangkat lunak yang satu ini ya. Libreoffice merupakan salah satu aplikasi perkantoran yang lengkap, seperti halnya Microsoft Office. Libreoffice menyediakan aplikasi lengkap untuk pengolah kata (libreoffice writer), pengolah lembar sebar (libreoffice spreadsheet), pengolah presentasi (libreoffice presentation), serta pengolah gambar (libreoffice drawing). Tidak seperti Microsoft Office, semua produk Libreoffice seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bebas untuk diunduh dan disebarluaskan. Pengguna tidak perlu dikhawatirkan dengan lisensi yang mengikat seperti Microsoft Office.

Nah, terkait libreoffice, yang mau saya tulis kali ini sebetulnya adalah, bagaimana mengganti jajaran ikon baku, seperti yang terlihat pada gambar di bawah:


menjadi lebih keren. Ya, relatif sich, keren menurut saya, tampilan ikonnya ngga' begitu2 ajah :D. Biar lebih kelihatan eye-catchy. Entah kenapa, baru kepikiran sekarang. Namun akhirnya kesampean jugak untuk mengganti ikon baku pada Libreoffice.

Bagaimana caranya? Mudah. Pastikan kita sudah memasang berkas libreoffice-style untuk bisa memunculkan jenis-jenis ikon yang berbeda. Oia, sebelum lanjut lebih jauh, saya menggunakan distru GnU/Linux UbuntuGNOME 16.04 Xenial Xerus. Selanjutnya, libreoffice-style yang akan dipasang adalah, SEMUANYA!!! Xixixi, ya semuanya yang bisa didapatkan di dalam repositori :D. Itu sich saya ya, kalo mau pasang satu atau dua ajah, silahkan. 


Gambar di atas adalah libreoffice-style yang saya dapatkan. Cara pasangnya:

# apt install libreoffice-style*
nah, cukup sudah. Lanta bagaimana cara melihatnya? Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah, membuka aplikasi Libreoffice-nya donq. Kalau sudah?

Kalau sudah, akses pengubah gaya ikon di Tools > Options > Libreoffice > View. Tampilannya kek gini:


Hasil pemasangan libreoffice-style yang kita lakukan tadi akan muncul seperti ini:


Pada komputer yang saya gunakan, tampilan perubahannya jadi seperti ini. Saya menggunakan gaya breeze. Tapi, gaya sifr keren jugak loh. silahkan dicoba-coba yang sesuai dengan selera.


Semoga tulisan ini bisa membuat ikon Libreoffice yang digunakan lebih berwarna :).

 

Komentar

Postingan Populer