How to easily install fonts in GNU/Linux

Lebih tepatnya GNU/Linux UbuntuGNOME 16.04. Disto tersebut merupakan distro yang saat ini terpasang pada komputer yang saya gunakan, di kantor.

Setelah beberapa tahun, akhirnya saya putuskan untuk benar-benar clean install sisop yang saya gunakan di komputer tersebut. Awalnya menggunakan GNU/Linux Ubuntu 12.04 sampai 14.04, boot ganda dengan MS Windows 10 (hasil peningkatan versi dari MS Windos 7 (bajakan)). Maksudnya clean install di situ, saya sepenuhnya merapihkan hardisk dengan menghapus partisi MS Windows, merapihkan sususan partisi hardisk, dan sepenuhnya menggunakan GNU/Linux Ubuntu GNOME.

Nah sudah cukup pengantarnya. Sekarang kembali ke judul. Bahwasanya kenapa saya menulis hal ini adalah, karena tidak seperti biasanya ketika saya ingin memasang fonta pada sisop GNU/Linux yang saya gunakan, biasanya, setelah mengunduh fonta yang saya inginkan [0], saya cukup membuka berkas fonta terkompresi, klik 2x pada berkas .ttf yang ada, lalu klik "install" lantas selesai.


Biasanya lagi, ketika klik "install" proses pemasangan ngga' pernah ada masalah. Namun, baru kali ini ketika saya mencoba lagi memasang dengan metode tersebut di atas menggunakan GNU/Linux UbuntuGNOME 16.04, ada beberapa fonta yang memberikan pesan galat, bahsawanya fonta tersebut tidak bisa terpasang.

Ah. Gundah. Hal-hal kecil kek di atas yang seringkali mengganggu pekerjaan di kantor, yang pada akhirnya mbikin saya sibuk sama hal-hal kecil untuk ngoprek lagi yang kalo udah keasikan, tau-tau udah jam pulang kantor. Terus, gimana donq ngakalin fonta-fonta yang gagal pasang tadi supaya bisa terpasang? Ya sudah, extract and go kalo begitu.

Maksudnya, metode lain untuk pemasangan fonta [1] bisa dilakukan dengan:

  1. Setelah fonta yang Anda inginkan selesai diunduh, silahkan ekstrak ke dalam direktori /home//.fonts
  2. Bisa jugak begini, unduh fonta, simpan di tempat lain. Format fonta dalam bentuk terkompresi langsung dicemplungin ke direktori /home//.fonts. Ekstrak berkas fonta terkompresi yang sudah disalin ke direktori tadi. Setelah diekstrak, jangan lupa dihapus berkas terkompresinya. (Kalo poin 2 ini bikin bingung, acuhin ajah. Dari poin 1 langsung lompat ke poin 3 :D)
  3. setelah direktori fonta yang diinginkan selesai didekompresi, silahkan buka terminal (kunci pemintas CTRL + ALT + T)
  4. masukkan perintah ini:
$ fc-cache -f -v
Voila!!!

0. Eksekusi perintah dengan hasil

1. Eksekusi perintah dengan hasil
Gambar-gambar di atas merupakan hasil pembaruan cache fonta yang ada pada komputer yang saya gunakan, di kantor. Tentunya hasilnya akan berbeda dengan yang Anda lakukan, karena jenis fontanya jugak akan berbeda to ;).

Setelah cache fonta diperbarui dengan perintah tadi, silahkan gunakan fonta-fonta tersebut via aplikasi-aplikasi favorit Anda.

Ahiya, untuk fonta-fonta yang saya gunakan seperti yang terlihat pada gambar di atas, saya mengambilnya dari fonts500. Semoga bermanfaat. Kalo ada saran, silahkan tuliskan di kolom komentar. Selamat ngoprek :).


Bahan bacaan:
[0] http://fonts500.com/
[1] http://askubuntu.com/questions/191778/how-to-install-many-font-files-fast-and-easy

Komentar

Postingan Populer