from lock to unlock - editing purpose pdf


jadi...lupakan tentang menggunakan perangkat lunak yang mungkin, mungkin keliatan high tech, rumit, dan lain sebagainya.

itu yang pertama kali saya lakukan ketika mencoba untuk membuka satu berkas dengan format .pdf yang sudah diamankan dengan password baik itu untuk membuka berkas maupun memodifikasi berkas. karena saya menggunakan sistem operasi GnU/Linux, apa yang saya coba gunakan? pdftk, pdfcrack. ya...perangkat lunak yang mempunyai abilitas untuk membuka password dari berkas .pdf tersebut. 

Gambar 1. Tampilan awal ketika membuka berkas .pdf terenkripsi. dibuka menggunakan
master pdf editor 3.
Gambar 2. Identitas enkripsi pada berkas .pdf.
kalo kita melihat pada gambar 2, kita hanya diizinkan untuk mencetak saja. sedangkan kegiatan lainnya tidak diperbolehkan, alias harus membuka jalur dengan memasukkan password.

nah, sekarang, bagaimana cara membuka password yang sudah dibuat? inilah saatnya saya mungkin akan menggunakan aplikasi-aplikasi yang terlihat "canggih" tadi. tapi...setelah mencari dan berkutat dengan berbagai macam how-to yang tersebar di jagat internet, akhirnya ditemukanlah cara pamungkas yang...lebih baik :D. hahaha...dikatakan pamungkas, mungkin karena saya males ajah kali ya, musti nunggu beberapa saat (ya, tergantung. bisa 1 jam, 1 hari, atau lebih).

kalo liat dari tanggal penulisan artikel tadi, saya sudah ketinggalan 6 (enam), ya 6 tahun! beuh...ya, sebagai pembelaan, khan bukan kerjaan saya buat bongkar-bongkar berkas .pdf yang terenskripsi :D.

okeh, gapapa ya. tulisan ini memang dialamatkan sebagai pengingat terutama untuk saya pribadi. oke lanjut ya. karena saya menggunakan sistem operasi GnU/Linux Ubuntu 12.04, saya membuka berkas .pdf yang terenkripsi tadi menggunakan aplikasi baku pembuka pdf, evince.

nah...nah...tujuan dari tulisan ini adalah MEMBUKA STATUS ENKRIPSI sehingga kita bisa dengan menyunting berkas pdf yang dienkripsi tadi. saratnya memang kita harus tau password untuk membuka berkas yang dikunci tadi. pada kasus yang saya tuliskan ini, saya mengetahui password untuk membuka berkas terkunci tadi. lucky me. tapi, setelah dibuka khan kalo kita liat pada gambar 2, status keamanan pada berkas masih terkunci. kita hanya diijinkan buat nyetak tok. bagaimana kalo kita pengen menyunting berkas tersebut? itulah maksud dari tulisan saya kali ini. karena password untuk membuka berkas dengan password untuk kepentingan penyuntingan seringkali dibuat berbeda. sama seperti kasus yang saya hadapi.

lanjut ke penggunaan evince. setelah berkas kita buka menggunakan evince, langkah selanjutnya adalah dengan mencetak berkas tadi. file -> print.

Gambar 3. Opsi cetak.
pada tabel pencetak, pilih "print to file". sedangkan pada bagian "name" masukkan nama berkas yang diinginkan, lengkap dengan ekstensinya. dalam hal ini .pdf. pada "save in folder", pilih penyimpana berkas yang diinginkan. pada "output format" pilih format PDF. opsi lain-lainnya bisa diabaikan dimana langkah selanjutnya adalah klik pada tombol "print".

hasilnya adalah...berkas yang diproteksi untuk kepentingan penyuntingan, status proteksinya sebagian besar akan terbuka.

Gambar 4. Status dokumen setelah proses print to file.
bandingkan dengan gambar 2 yang statusnya sebagian besar "not allowed." dengan status seperti yang dapat dilihat pada gambar 4, saya sudah bisa menyunting berkas yang sudah dibuka tersebut :). silahkan diubah sesuai kebutuhan, dengan bijak tentunya.

semoga bermanfaat ;).

bahan bacaan:

  1. http://www.giannistsakiris.com/2009/02/24/how-to-unlock-a-secured-pdf-file/
  2. http://www.ubuntugeek.com/howto-crack-pdf-file-password.html
  3. http://www.howtogeek.com/197195/how-to-remove-a-password-from-a-pdf-file-in-linux/
gambar diambil dari:



Komentar

Postingan Populer