[UPDATE] Mengaktifkan Fitur Import MARC di SLiMS

Sudah lama akhirnya ada pembaruan tentang bagaimana konfigurasi SLiMS pada GNU/Linux. Salah satu yang menurut saya penting adalah bagaimana SLiMS bisa melakukan impor berkas MARC ke dalam pangkalan data SLiMS, sehingga pustakawan dapat dengan mudah melakukan penyalinan katalog.

Berdasarkan tulisan sebelumnya [0], kita bisa dengan mudah mengaktifkan fitur tersebut dengan memasukkan perintah yang ada. Namun, ada beberapa perubahan seiring dengan semakin berkembangnya sistem operasi GNU/Linux. Koreksi saya jika salah.

Pada perintah sebelumnya, perintah-perintah tersebut adalah:

sudo pear install channel://pear.php.net/structures_linkedlist-0.2.2

sudo pear install channel://pear.php.net/file_marc-0.7.1

Nah, ternyata dengan menggunakan sistem operasi GNU/Linux yang saya gunakan sekarang, yaitu Ubuntu Gnome 14.04, perintah-perintah tersebut tidak dapat berjalan dengan baik. Salah satu pesan galat yang saya terima ketika menjalankan perintah yang pertama adalah:

Package "structures_linkedlist" does not have REST info xml available
install failed

Wakwaw!!! Akhirnya, setelah melakukan penerawangan [1] dan mencoba berdasarkan insting, hahay, akhirnya bisa juga masang paket-paket yang dibutuhin. Perintah yang saya gunakan:

sudo pear install structures_linkedlist-0.2.2

sudo pear install file_marc-1.1.1

LANCAR!!! Akhirnya dengan memasang berkas-berkas tersebut, fungsi impor MARC berhasil diaktifkan :D. Eh...koq itu versi file_marc-nya beda sama yang pertama? Iya, setelah dilihat pada situs http://pear.php.net, ternyata berkas file_marc sudah terbarui. Tapi untuk berkas structures_linkedlist versi stabilnya masih versi dengan nomor yang sama. Akhirnya, itulah yang saya gunakan :).

Demikian, semoga bermanfaat.


Bahan bacaan:
[0] http://buitenzorg812.blogspot.com/2013/05/mengaktifkan-fitur-import-marc-di-slims.html
[1] http://stackoverflow.com/questions/19804850/how-do-i-solve-this-php-pear-error-install-pear-on-fedora

Komentar

Postingan Populer