ngacak-ngacak manokwari

Gambar 1. Tampilan destop mesin saiah

Ceritanya mati gaya sama warna tema Suroboyo (BlankOn 9 - red). Lantas, saya coba menggantinya dengan metode yang dituliskan di situs yang saya dapatkan lewat internet [0]. Hmmm, saya ngga' menyalahkan situsnya, karena di situsnya tertulis, "...di BlankOn Rote 8.0". Lah saya nekat, saya malah pasang di BlankOn 9.0 Suroboyo. Mungkin, mungkin seharusnya ngga' bermasalah kali ya. Cuman kebetulan saya ajah yang lagi apes :).

Nah lantas, setelah saya coba pasang, jadinya malah begini:

Gambar 2. Menu hilang

Gambar 3. Destop hilang

Nah, kalut donq! Lha iya. All jobs pending due to this matter. Halah, gaya loe tong, tong! Nah, gimana donq akhirnya? Dapet saran dari pak menejer humas, salah satunya adalah menyalakan perintah ini:

# dpkg-reconfigure manokwari

Wih iya, ada jurus pamungkas. Etapi setelah dicoba, ngga' ngepek. Galat yang ada ya masih ada. Lantas, setelah mencari pencerahan sana-sini, ngalor-ngidul, kesimpulannya adalah, saya ganti saja semua berkas yang ada di dalam direktori /usr/lib/manokwari/system dengan isi dari BlankOn yang lain. Untuk kasus mesin yang saya gunakan, saya menggunakan isi direktori system dari BlankOn X Tambora yang ada di mesin kantor. Kebetulan ada BlankOn X Tambora di VirtualBox. 

Dikompres, bungkus, lempar pakek scp, jreng. Setelah itu langsung saya ekstrak ke dalem direktori /usr/lib/manokwari/system yang ada di mesin saya. Hasilnya...destop sudah kembali ke dalam kondisi yang sempurna :).

Alhamdulillah. Kalo begitu, kita lanjutin ngoprek dan ngerjain tugas kampus. Banyak banget! :(.


Referensi:

Komentar

Postingan Populer