SLiMS. pdfjs. download

SLiMS, secara baku dapat menampilkan berkas pdf yang dicantumkan ke dalam isian data bibliografi. Awalnya, SLiMS menggunakan pdf2swf untuk mengalirkan (streaming) berkas pdf yang ada. Namun, karena masalah kompabilitas, ada beberapa masalah, belakangan, perihal penggunaan pdf2swf.

Yang paling umum adalah masalah arsitektur perangkat keras. Belakangan ini, mesin2 dengan arsitektur 64bit semakin banyak digunakan. Nah, pdf2swf yang ada pada SLiMS, secara baku diolah (compile) menggunakan mesin dengan arsitektur 32bit.

Solusi yang selama ini diterapkan, apabila instalasi pada SLiMS dilakukan di mesin 64bit tersebut, maka kami harus mengolah-ulang aplikasi pdf2swf. Nanti keluarannya baru dipakek untuk diimplementasikan pada SLiMS. Itupun, kalo kami dapat hak akses penuh ke mesin peladen yang akan dipasangkan SLiMS. Kalo ngga', manyun :D. Semacam ada hasrat yang ketahan.


Nah, atas inisiatif pengembang SLiMS, untuk mengurangi inkompabilitas yang terjadi, akhirnya diputuskan untuk menambahkan penampil berkas pdf ke dalam SLiMS. Pdfjs. Pdfjs, setau saya, dipakek sama mozilla firefox sebagai penampil berkas pdf yang dibuka melalui peramban tersebut. Dengan pdfjs, konversi berkas pdf untuk ditampilkan lewat peramban tidak seperti pdf2swf yang melakukan konversi berkas pdf menjadi berkas format flash (.swf) untuk ditampilkan oleh peramban.

Lalu berikutnya, unduh. Kalo pada pdf2swf, lewat SLiMS bisa diatur apakah tombol unduh (download) pada penampil berkas mau dimatikan atau tidak melalui berkas sysconfig. Nah, sementara ini pada pdfjs belum ada setelan langsung yang dapat dimanfaatkan seperti itu. Alhasil, kita harus melakukannya langsung ke dalam berkas di dalam direktori pdfjs.

Perhatikan ikon pada gambar di bawah ini:


Ikon yang ditandai dengan panah merah merupakan ikon yang digunakan untuk mengunduh berkas pdf yang tampil. Yang akan kita lakukan pada tulisan ini adalah menghilangkan fungsi unduh dari tampilan berkas dan menghilangkan ikon unduh tersebut.

Pertama, kita harus menemukan berkas yang akan kita sunting di dalam SLiMS, untuk melakukan hal tesebut. Semua berkas tersebut ada pada direktori js/pdfjs/web. dan berkas2 yang harus disunting adalah:

  1. viewer.js
  2. viewer.html
Untuk viewer.js, kita akan mematikan fungsi klik dari ikon unduh. Bagian dari dalam skrip terdapat di baris 3700, seperti yang terlihat pada gambar di bawah.


Seperti yang terlihat pada gambar, non-aktifkan bagian2 tersebut. Lalu, setelah fungsi klik untuk unduh dimatikan, selanjutnya adalah menyembunyikan ikon unduh pada penampil pdf, seperti yang ditunjukkan pada gambar pertama.

Untuk menyembunyikan ikon unduh, buka berkas viewer.html, lalu sunting pada bagian, seperti yang terlihat pada gambar di bawah.



Non-aktifkan baris 124-126 sehingga seperti terlihat pada gambar di atas. Simpan, dan...kalo ngga' ada yang salah, nanti hasilnya seperti ini.


Kalo dibandingin sama gambar pertama, ikon unduhnya udah ngga' ada :). Begitulah ceritanya. Terus, kenapa ngga' fungsi cetaknya dimatiin sekalian? Khan nanti masih bisa cetak ke berkas (print to file). Iya, kalo itu, tadi udah coba matiin fungsi cetaknya. E malah, berkasnya ngga' keluar sama sekali. Malah kalo bisa, balok perangkat (toolbar) yang isinya lihat, cetak, unduh, fungsinya dimatiin dan disembunyiin :).

Mungkin yang lain punya cara lain? Silahkan dibagi di sini, supaya yang lain bisa menikmati. Terima kasih :).

Komentar

Postingan Populer