Langsung ke konten utama

[UPDATE] memasang pustaka YAZ untuk SLiMS pada Ubuntu 13.04

Wew, ternyata sudah hampir 3 tahun sejak tulisan terakhir tentang bagaimana memasang pustaka YAZ. Apa itu pustaka YAZ? Pustaka YAZ adalah sekumpulan aplikasi yang dimanfaatkan oleh SLiMS (Senayan Library Management System) agar fungsi copy cataloging pada SLiMS dapat dimanfaatkan.

Lalu, apalagi itu copy cataloging? Secara sederhana, copy cataloging dapat dikatakan sebagai proses menyalin data cantuman bibliografi dari satu tempat ke tempat yang lain, lalu disunting sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini, pada SLiMS, menyalin data cantuman bibliografi dari aplikasi lain ke dalam cantuman bibliografi pada SLiMS.

Pada SLiMS, kegiatan copy cataloging dapat dilakukan dengan 3 cara (sejak versi SLiMS 5 Meranti). Pertama dengan menggunakan metode P2P. P2P merupakan metode copy cataloging di dalam SLiMS, yang dilakukan dengan menyalin data cantuman bibliografi dari sesama SLiMS. Metode ini memanfaatkan keluaran XML yang secara baku disediakan oleh SLiMS.


Yang kedua adalah metode Z3950 service. Metode ini, dilakukan dengan menyalin data cantuman bibliografi melalui peladen perangkat lunak selain SLiMS yang menggunakan protokol Z39.50. Z39.50 merupakan protokol pertukaran data tertua yang pernah digunakan. Inisiasi protokol Z39.50 pertama kali digunakan pada tahun 1970. Namun penggunaan protokol ini tidak berhenti sampai tahun itu. Karena fungsinya tersebut, protokol tersebut masih digunakan sampai sekarang.

Lalu seiring perkembangan zaman, dengan berkembangnya internet, protokol ini pun mengalami perkembangan. Dibangunlah inisitatif Z39.50 SRU (Search/Retrieval via URL). Z39.50 ini berfungsi layaknya protokol Z39.50, namun protokol yang digunakan adalah SRU/SRW. Metode ini merupakan metode ketiga, yang digunakan oleh SLiMS dalam kegiatan copy cataloging. Ketiga metode tersebut mengharuskan klien yang menggunakan SLiMS memiliki sambungan internet pada komputer/peladen yang digunakan. Bahkan pada metode pertama, P2P, SLiMS yang datanya akan dimanfaatkan harus berada di internet.

Kembali ke pustaka YAZ, metode pertama dan ketiga praktis tidak memerlukan tambahan aplikasi pada sistem operasi yang digunakan sebagai peladen SLiMS. Hanya metode kedua, Z3950 service, yang memerlukan pemasangan aplikasi tambahan agar fungsi copy cataloging lewat metode ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Metode pemasangan pustaka YAZ kali ini dilakukan di dalam mesin yang menggunakan sistem operasi Ubuntu 13.04 Raring Ringtail. Apa itu Ubuntu? Ubuntu merupakan salah satu distribusi GNU/Linux yang saat ini cukup populer digunakan, baik untuk destop maupun peladen. Oh, bagaimana rupanya, apabila pustaka YAZ belum terpasang? Rupanya seperti gambar di bawah.

Gambar 0. Pustaka YAZ belum aktif.
Apa yang harus dilakukan agar layanan tersebut bisa aktif? Yang perlu kita lakukan, kita akan memasang beberapa paket yang sudah tersedia di dalam repositori Ubuntu. Metode pemasangan yang akan digunakan adalah, pemasangan paket-paket melalui antar-muka baris perintah (CLI - Command Line Interface).

Beberapa paket yang perlu kita pasang adalah:
  • php-pear
  • yaz
  • libyaz4
  • libyaz4-dev
  • libnet-z3950-zoom-perl
Versi paket libyaz akan berbeda di masing-masing versi Ubuntu yang digunakan. Jadi, keluarannya, tidak mesti paket libyaz4 dkk yang digunakan. Sekali lagi, tergantung pada versi Ubuntu yang digunakan.

Kenapa php-pear? Pada proses instalasi nanti, kita akan memanfaatkan pustaka PECL untuk memparipurnakan pemasangan pustaka YAZ. PECL merupakan bagian dari paket php-pear yang masuk dalam daftar pemasangan. KSKSS. Selain itu, nanti pada tulisan selanjutnya, paket php-pear akan diperlukan untuk mengaktifkan fitur impor data bibliografi dari pangkalan data dengan bentuk keluaran berkas MARC (MAchine Readable Catalogue).

Untuk memulai pemasangan, silahkan buka terminal pada destop. Yang paling mudah dengan menggunakan kunci pintas CTRL+ALT+T. Lalu masukkan perintah:
$ sudo apt-get install php-pear yaz libyaz4 libyaz4-dev libnet-z3950-zoom-perl
Gambar 1. Pencarian paket dan perintah pemasangan paket. Acuhkan opsi -E seperti yang terlihat pada gambar.
Gambar 2. Proses pemasangan php-pear
Lalu setelah itu, sistem akan melakukan konfirmasi perihal paket yang akan dipasang.

Gambar 3. Konfirmasi pemasangan paket.
Tekan enter untuk menjalankan proses pemasangan.

Gambar 4. Proses pemasangan.
Langkah berikutnya, setelah kita selesai memasang paket-paket pendukung, kita akan memasang paket lain dengan memasukkan perintah:
$ sudo pecl install yaz
Gambar 5. Proses pemasangan paket dengan PECL.
Gambar 6. Finalisasi pemasangan paket dengan PECL.
Setelah proses pemasangan selesai, sesuai dengan pesan dari proses pemasangan kita harus menyunting berkas php.ini yang berada di direktori /etc/php5/apache2 lalu menambahkan baris:
extension=yaz.so
Berkas dapat disunting menggunakan aplikasi penyunting teks seperti gedit, nano, vi/vim, geany, dll. Sebagai contoh, saya menggunakan aplikasi gedit untuk menyunting berkas tersebut.
$ sudo gedit /etc/php5/apache2/php.ini
Biasanya, saya akan menambahkan baris tersebut pada bagian Dynamic Extension, seperti pada gambar.

Gambar 7. Penambahan ekstensi yaz.so pada berkas php.ini
Setelah ditambahkan, simpan dan mula-ulang Apache pada mesin yang Anda gunakan dengan perintah:
$ sudo /etc/init.d/apache2 restart 
Berikutnya kita akan melihat apakah paket YAZ yang sudah kita pasang, aktif. Caranya dengan membuat berkas phpinfo(). Dari berkas phpinfo yang kita buat, kurang lebih, apabila paket YAZ-nya sudah aktif, akan terlihat seperti ini:

Gambar 8. Paket YAZ sudah aktif.
Lalu setelah aktif, apa yang harus dilakukan? Kita akan memeriksa apakah Z3950 service pada SLiMS sudah aktif. Caranya, masuk ke laman administrasi SLiMS, lalu klik pada menu Bibliography -> Z3950 service. Apabila sudah aktif, tampilannya akan seperti ini:

Gambar 9. Z3950 service pada SLiMS sudah aktif.
Setelah aktif, layanan tersebut bisa digunakan untuk melakukan copy cataloging. Secara baku, Z3950 service pada SLiMS sudah diarahkan ke peladen Library of Congress. Namun, layanan tersebut dapat ditambahkan ke peladen-peladen Perpustakaan lain yang menggunakan protokol Z39.50. Daftar Perpustakaan yang menggunakan protokol tersebut, dapat dilihat pada situs irspy.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, pastikan pada lingkungan jaringan yang Anda gunakan, port 7090, sebagai port yang digunakan oleh protokol ini, harus terbuka.

Pengguna aplikasi SLiMS dalam format Psenayan (Portable Senayan) sudah bisa langsung menikmati layanan ini. Karena secara baku, layanan ini sudah aktif. Format Psenayan yang tersedia saat ini hanya diperuntukkan bagi pengguna sistem operasi Microsoft Windows.

Referensi:
* http://purwoko.blogdetik.com/2011/06/01/install-yaz-di-ubuntu-karmic-koala/

Komentar

Harityas WIyoga (iyang) mengatakan…
Yo mas bro! Piye kabare?
Tutorial ente sangat membantu. Ane pake 14.04 LTS dan yaz sukses terpasang. Terima kasih ye.
Tapi pas ane coba, copy cataloging Z3950, malah dapat "error requesting page: admin/module/bibliography/z3950.php...not defined". Kenapa ye?
halo mas berow, alhamdulillah kabar baek :).

coba error report di dalam sysconfig.inc.php dimatikan.

Postingan populer dari blog ini

The Great Raid

Udah pernah nonton film yang satu ini? Bagi penggemar film2 action terutama film2 perang dunia ke-2, anda harus nonton film ini. Film ini nyeritain tentang PDII yang terjadi di Asia Pasifik. Buat gue, film ini menambah wawasan tentang kekejaman PDII yang terjadi ngga' hanya di belahan Eropa sana (perang lawan Jerman), tapi juga di kawasan Asia-Pasifik (perang lawan Jepang), CMIIW. Perang di Asia-Pasifik juga ngga' kalah ganasnya dengan yang terjadi di Eropa. Terutama kalo ngeliat perlakuan tentara Jepang terhadap POWs (Prisoner of Wars-red). Film ini mengisahkan tentang pembebasan 500 (sebenernya 512) orang tawanan perang di Camp Cabanatuan yang telah menjadi tawanan selama 3 tahun. Operasi pembebasan ini diinisiasi oleh 6th Army Rangers Batallion, yang dipimpin oleh Letkol Henry Mucci. Untuk strategi diserahkan kepada Kapt. Robert Prince, yang kalo menurut gue, strategi penyerangan dan pembebasan yang luar biasa. Hampir ngga' ada kesalahan, bersiihhh...!!! Kesalahan yang t

Tampilan Terbagi ~ Notepad++

logo notepad++ (sumber wikipedia) Mesti dah pada paham lah, apa itu notepad++ . Ya? Pemahaman sederhana saya, notepad++ merupakan salah satu perangkat penyunting teks yang digunakan, utamanya, untuk menyunting berkas  pemrograman. Tentunya, lingkungan yang digunakan adalah lingkungan sistem operasi MS-Windows. Bisa saja digunakan untuk menyunting hal lain. Atau bahkan membuat berkas teks mandiri guna keperluan selain dari penulisan bahasa pemrograman. Saya ngga' akan menjelaskan panjang lebar tentang apa dan bagaimana aplikasi ini. Yang ingin saya tuliskan di sini hanya, bagaimana membuat tampilan terbagi ( split view ) pada notepad++. Apa guna? Bagi saya, untuk membandingkan isi dari satu skrip (pemrograman) dengan skrip yang lain. Fungsi ini saya perlukan disaat saya ingin melihat perubahan dari skrip yang saya susun (namun memiliki kutu) dengan skrip hasil perbaikan kawan saya. Mari kita mulai dengan gambar pertama. Di bagian ini, kita buka berkas yang ingin kita su

Add new admin user without adding role - SLiMS Short Tutorial

Tulisan ini berisi cara singkat bekerja dengan SLiMS, suatu aplikasi otomatisasi perpustakaan yang dapat diunduh dan dipelajari lewat situs https://slims.web.id . Kali ini akan menjelaskan, apa efeknya apabila kita membuat akun pengguna laman Admin tanpa menambahkan fungsi untuk pengguna tersebut. Fungsi untuk pengguna dapat didefinisikan terlebih dahulu via modul System sub-menu User Group . Yang terjadi, apabila kita membuat pengguna laman admin tanpa menambahkan fungsi kerjanya, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Tidak ada modul yang dapat diakses, karena akun pengguna tersebut tidak "ditugaskan" untuk mengakses modul. Setelah mendefinisikan fungsi kerja, jangan lupa dicentang ketika membuat akun pengguna laman Admin. Seperti ditunjukkan pada bagian yang ter- highlight  pada gambar di atas. Setelah itu, dapat dipastikan, akun pengguna tersebut dapat mengakses modul-modul yang telah ditetapkan berdasarkan fungsi kerja yang dibuat. Semoga berma