Langsung ke konten utama

mengaktifkan fitur import MARC di SLiMS pada Ubuntu 13.04


Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya, tentang memasang pustaka YAZ. Tulisan ini dibuat untuk melengkapi, memaksimalkan penggunaan fitur-fitur pemasukkan data bibliografi yang disediakan oleh SLiMS. Dengan kata lain, untuk memudahkan kerja Pustakawan dalam melakukan pengolahan bahan pustaka.

MARC, kependekan dari MAchine-Readable Catalogue dan menurut pemahaman saya, merupakan standar keterwakilan cantuman bibliografi dalam format dijital, yang nantinya digunakan untuk keperluan pertukaran data. Karena untuk keperluan pertukaran data itulah, kenapa diperlukan suatu standar. Sehingga data dari satu Perpustakaan dan Perpustakaan lainnya dapat dengan mudah dimanfaatkan satu sama lain karena masing-masing mengacu pada standar yang sama.



Pada SLiMS, fitur ini dapat dikatakan, dimanfaatkan sebagai bagian dari kegiatan copy cataloging. Setidaknya itu yang dilakukan oleh rekan saya, ketika dia ingin mengolah data bibliografi koleksi vidio yang dimiliki oleh Perpustakaannya, yang dia lakukan, pergi ke situs yang menyediakan unduhan data marc seperti Amazon, cari dan unduh berkas MARC yang diperlukan, lalu impor berkas yang didapat ke dalam SLiMS.

Lalu, seperti halnya layanan Z3950 pada SLiMS, layanan impor MARC ini secara baku belum aktif, apabila kita memasang SLiMS menggunakan kode sumber. Apa saja yang dibutuhkan untuk mengaktifkan layanan ini? Apabila belum aktif, kalau kita klik pada menu impor MARC pada modul bibliografi, maka akan muncul pesan seperti ini.

Gambar 0. Fungsi fitur MARC belum aktif.
Beberapa paket yang kita butuhkan untuk mengaktifkan layanan ini, berdasarkan pesan yang ada pada gambar di atas adalah:

  • PEAR
  • File_MARC
  • Structures_LinkedList
Bagaimana cara memasangnya? Untuk PEAR, pada tulisan sebelumnya, kita sudah memasang paket PHP-Pear sebagai syarat untuk mengaktifkan layanan Z3950. Jadi, kita bergerak ke paket selanjutnya. Paket PEAR yang telah kita pasang sebelumnya, merupakan bagian penting dari proses instalasi 2 paket yang tersisa. Karena kedua paket tersebut akan langsung diunduh dari channel yang ada di layanan PEAR.

Kita perlu memasang paket-paket tersebut secara berurutan, karena paket File_MARC memerlukan paket Structures_LinkedList agar bisa terpasang. Untuk paket-paket yang akan dipasang, pada kasus ini, dipasang pada Ubuntu 13.04, Structures_LinkedList menggunakan nama paket structures_linkedlist-0.2.2, sedangkan File_MARC menggunakan nama paket file_marc-0.7.1.

Untuk memulai pemasangan, buka terminal (kunci pintas CTRL+ALT+T), lalu, pertama, masukkan perintah:
$ sudo pear install channel://pear.php.net/structures_linkedlist-0.2.2
Apabila pemasangan berhasil akan terlihat seperti gambar di bawah, pada bagian yang terhighlight.

Gambar 1. Proses pemasangan paket structures_linkedlist-0.2.2 berhasil.
 Lalu berikutnya, paket file_marc-0.7.1. Masukkan perintah:
$ sudo pear install channel://pear.php.net/file_marc-0.7.1
Apabila pemasangan berhasil, akan terlihat seperti gambar di bawah, pada bagian yang terhighlight.

Gambar 2. Proses pemasangan paket file_marc-0.7.1 berhasil.
Jadi, seperti terlihat berhasil ya? Bagaimana cara melihatnya? Silahkan kembali ke menu Bibliografi lalu klik pada menu impor MARC. Apabila proses pemasangan berhasil, maka akan terlihat seperti gambar di bawah.

Gambar 3. Perangkat impor MARC pada SLiMS sudah aktif.
Tinggal dilanjutkan pemasukkan data dari berkas MARC yang berhasil dihimpun :). Sebagai contoh, saya akan mengunduh berkas MARC vidio dengan judul Texas Chainsaw dari Amazon, yang keluarannya seperti ini:

Gambar 4. Data MARC yang akan diimpor.
Setelah didapat berkas .mrc dari data ini, lakukan impor MARC ke dalam SLiMS, dan hasilnya:

Gambar 5. Hasil impor MARC pada SLiMS.
Dan ... selamat menikmati :).

Referensi:
* http://perpustakaan.kemdiknas.go.id/ridho/?p=192

Komentar

Unknown mengatakan…
Pak bos, kalau menggunakan xampp gimana caranya pak? soalnya saya coba pakai xampp g bisa padahal paketnya sudah terinstall tapi MARCnya masih belum bisa digunakan :(
mas berow, ini yang saya temuken perihal memasang modul MARC pada xampp,

https://community.apachefriends.org/f/viewtopic.php?p=127161/

semoga membantu. eh...bagaimana acara SLiMS Hackaton-nya?

Postingan populer dari blog ini

The Great Raid

Udah pernah nonton film yang satu ini? Bagi penggemar film2 action terutama film2 perang dunia ke-2, anda harus nonton film ini. Film ini nyeritain tentang PDII yang terjadi di Asia Pasifik. Buat gue, film ini menambah wawasan tentang kekejaman PDII yang terjadi ngga' hanya di belahan Eropa sana (perang lawan Jerman), tapi juga di kawasan Asia-Pasifik (perang lawan Jepang), CMIIW. Perang di Asia-Pasifik juga ngga' kalah ganasnya dengan yang terjadi di Eropa. Terutama kalo ngeliat perlakuan tentara Jepang terhadap POWs (Prisoner of Wars-red). Film ini mengisahkan tentang pembebasan 500 (sebenernya 512) orang tawanan perang di Camp Cabanatuan yang telah menjadi tawanan selama 3 tahun. Operasi pembebasan ini diinisiasi oleh 6th Army Rangers Batallion, yang dipimpin oleh Letkol Henry Mucci. Untuk strategi diserahkan kepada Kapt. Robert Prince, yang kalo menurut gue, strategi penyerangan dan pembebasan yang luar biasa. Hampir ngga' ada kesalahan, bersiihhh...!!! Kesalahan yang t

Tampilan Terbagi ~ Notepad++

logo notepad++ (sumber wikipedia) Mesti dah pada paham lah, apa itu notepad++ . Ya? Pemahaman sederhana saya, notepad++ merupakan salah satu perangkat penyunting teks yang digunakan, utamanya, untuk menyunting berkas  pemrograman. Tentunya, lingkungan yang digunakan adalah lingkungan sistem operasi MS-Windows. Bisa saja digunakan untuk menyunting hal lain. Atau bahkan membuat berkas teks mandiri guna keperluan selain dari penulisan bahasa pemrograman. Saya ngga' akan menjelaskan panjang lebar tentang apa dan bagaimana aplikasi ini. Yang ingin saya tuliskan di sini hanya, bagaimana membuat tampilan terbagi ( split view ) pada notepad++. Apa guna? Bagi saya, untuk membandingkan isi dari satu skrip (pemrograman) dengan skrip yang lain. Fungsi ini saya perlukan disaat saya ingin melihat perubahan dari skrip yang saya susun (namun memiliki kutu) dengan skrip hasil perbaikan kawan saya. Mari kita mulai dengan gambar pertama. Di bagian ini, kita buka berkas yang ingin kita su

Add new admin user without adding role - SLiMS Short Tutorial

Tulisan ini berisi cara singkat bekerja dengan SLiMS, suatu aplikasi otomatisasi perpustakaan yang dapat diunduh dan dipelajari lewat situs https://slims.web.id . Kali ini akan menjelaskan, apa efeknya apabila kita membuat akun pengguna laman Admin tanpa menambahkan fungsi untuk pengguna tersebut. Fungsi untuk pengguna dapat didefinisikan terlebih dahulu via modul System sub-menu User Group . Yang terjadi, apabila kita membuat pengguna laman admin tanpa menambahkan fungsi kerjanya, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Tidak ada modul yang dapat diakses, karena akun pengguna tersebut tidak "ditugaskan" untuk mengakses modul. Setelah mendefinisikan fungsi kerja, jangan lupa dicentang ketika membuat akun pengguna laman Admin. Seperti ditunjukkan pada bagian yang ter- highlight  pada gambar di atas. Setelah itu, dapat dipastikan, akun pengguna tersebut dapat mengakses modul-modul yang telah ditetapkan berdasarkan fungsi kerja yang dibuat. Semoga berma