mengaktifkan fitur import MARC di SLiMS pada Ubuntu 13.04


Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya, tentang memasang pustaka YAZ. Tulisan ini dibuat untuk melengkapi, memaksimalkan penggunaan fitur-fitur pemasukkan data bibliografi yang disediakan oleh SLiMS. Dengan kata lain, untuk memudahkan kerja Pustakawan dalam melakukan pengolahan bahan pustaka.

MARC, kependekan dari MAchine-Readable Catalogue dan menurut pemahaman saya, merupakan standar keterwakilan cantuman bibliografi dalam format dijital, yang nantinya digunakan untuk keperluan pertukaran data. Karena untuk keperluan pertukaran data itulah, kenapa diperlukan suatu standar. Sehingga data dari satu Perpustakaan dan Perpustakaan lainnya dapat dengan mudah dimanfaatkan satu sama lain karena masing-masing mengacu pada standar yang sama.



Pada SLiMS, fitur ini dapat dikatakan, dimanfaatkan sebagai bagian dari kegiatan copy cataloging. Setidaknya itu yang dilakukan oleh rekan saya, ketika dia ingin mengolah data bibliografi koleksi vidio yang dimiliki oleh Perpustakaannya, yang dia lakukan, pergi ke situs yang menyediakan unduhan data marc seperti Amazon, cari dan unduh berkas MARC yang diperlukan, lalu impor berkas yang didapat ke dalam SLiMS.

Lalu, seperti halnya layanan Z3950 pada SLiMS, layanan impor MARC ini secara baku belum aktif, apabila kita memasang SLiMS menggunakan kode sumber. Apa saja yang dibutuhkan untuk mengaktifkan layanan ini? Apabila belum aktif, kalau kita klik pada menu impor MARC pada modul bibliografi, maka akan muncul pesan seperti ini.

Gambar 0. Fungsi fitur MARC belum aktif.
Beberapa paket yang kita butuhkan untuk mengaktifkan layanan ini, berdasarkan pesan yang ada pada gambar di atas adalah:

  • PEAR
  • File_MARC
  • Structures_LinkedList
Bagaimana cara memasangnya? Untuk PEAR, pada tulisan sebelumnya, kita sudah memasang paket PHP-Pear sebagai syarat untuk mengaktifkan layanan Z3950. Jadi, kita bergerak ke paket selanjutnya. Paket PEAR yang telah kita pasang sebelumnya, merupakan bagian penting dari proses instalasi 2 paket yang tersisa. Karena kedua paket tersebut akan langsung diunduh dari channel yang ada di layanan PEAR.

Kita perlu memasang paket-paket tersebut secara berurutan, karena paket File_MARC memerlukan paket Structures_LinkedList agar bisa terpasang. Untuk paket-paket yang akan dipasang, pada kasus ini, dipasang pada Ubuntu 13.04, Structures_LinkedList menggunakan nama paket structures_linkedlist-0.2.2, sedangkan File_MARC menggunakan nama paket file_marc-0.7.1.

Untuk memulai pemasangan, buka terminal (kunci pintas CTRL+ALT+T), lalu, pertama, masukkan perintah:
$ sudo pear install channel://pear.php.net/structures_linkedlist-0.2.2
Apabila pemasangan berhasil akan terlihat seperti gambar di bawah, pada bagian yang terhighlight.

Gambar 1. Proses pemasangan paket structures_linkedlist-0.2.2 berhasil.
 Lalu berikutnya, paket file_marc-0.7.1. Masukkan perintah:
$ sudo pear install channel://pear.php.net/file_marc-0.7.1
Apabila pemasangan berhasil, akan terlihat seperti gambar di bawah, pada bagian yang terhighlight.

Gambar 2. Proses pemasangan paket file_marc-0.7.1 berhasil.
Jadi, seperti terlihat berhasil ya? Bagaimana cara melihatnya? Silahkan kembali ke menu Bibliografi lalu klik pada menu impor MARC. Apabila proses pemasangan berhasil, maka akan terlihat seperti gambar di bawah.

Gambar 3. Perangkat impor MARC pada SLiMS sudah aktif.
Tinggal dilanjutkan pemasukkan data dari berkas MARC yang berhasil dihimpun :). Sebagai contoh, saya akan mengunduh berkas MARC vidio dengan judul Texas Chainsaw dari Amazon, yang keluarannya seperti ini:

Gambar 4. Data MARC yang akan diimpor.
Setelah didapat berkas .mrc dari data ini, lakukan impor MARC ke dalam SLiMS, dan hasilnya:

Gambar 5. Hasil impor MARC pada SLiMS.
Dan ... selamat menikmati :).

Referensi:
* http://perpustakaan.kemdiknas.go.id/ridho/?p=192

Komentar

Cucu Anduang mengatakan…
Pak bos, kalau menggunakan xampp gimana caranya pak? soalnya saya coba pakai xampp g bisa padahal paketnya sudah terinstall tapi MARCnya masih belum bisa digunakan :(
buitenzorg812 mengatakan…
mas berow, ini yang saya temuken perihal memasang modul MARC pada xampp,

https://community.apachefriends.org/f/viewtopic.php?p=127161/

semoga membantu. eh...bagaimana acara SLiMS Hackaton-nya?

Postingan Populer