mengatur tingkat kecerahan

Pepatah bilang, "tidak ada gading yang tidak retak". Yang bisa diterjemahkan secara bebas (menurut saya) bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Bukan cuman manusia, laptop pun begitu :D. Apa sich ini, serius begini ya :D.

Jadi ... setelah beberapa waktu memiliki laptop yang secara fungsi, semua tombol-tombolnya (function key) berfungsi dengan baik, perangkat baru yang saya pegang sekarang ternyata tidak serta merta ramah Linux. Beberapa function key yang ada tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Di mana, key yang tidak berfungsi itu ternyata vital, buat ketahanan baterai laptop terutama :D (kskss).


Apa itu? Pengatur tingkat kecerahan layar. Ya. Di mesin saya ini, Vaio VPCEG1BFX, fungsi tombol pengatur tingkat keterangan monitor tidak berfungsi seperti seharusnya. Indikatornya sich memperlihatkan tingkat kecerahan yang naek turun. Tapi di monitor, ngga' ngaruh :(.

Jadi, saya harus merubah tingkat kecerahan secara manual. Chip grafis yang ada di mesin saya adalah Intel. Perintah yang biasa saya masukkan untuk mengatur adalah:
$ sudo nano /sys/class/backlight/intel_backlight/brightness
Dalam hal ini, berkas yang akan sunting adalah berkas "brightness". Nilai baku dalam berkas tersebut adalah 4882 (atau 4482, kskss). Silahkan masukkan nilai yang lebih rendah dari angka tersebut untuk meredupkan tingkat kecerahan monitor. Nilai yang saya masukkan, biasanya, 400. Nilai tersebut masih nyaman buat mata saya.

Tapi, setelah sekian lama tidak menengok pengumpan RSS, lewat situs commandlinefu.com, saya mendapatkan informasi baru tentang bagaimana mengatur tingkat kecerahan monitor laptop secara manual. Saya rasa perintah ini lebih sederhana. Perintahnya adalah:
$ xrandr --output --brightness
Memanfaatkan pustaka xrandr ya. Dan untuk memeriksa yang sedang aktif dan ingin kita atur tingkat kecerahannya, silahkan gunakan perintah:
$ xrandr --current
Keluaran dari perintah di atas, untuk mesin saya adalah:
Screen 0: minimum 320 x 200, current 1366 x 768, maximum 8192 x 8192
LVDS1 connected 1366x768+0+0 (normal left inverted right x axis y axis) 309mm x 174mm
   1366x768       60.0*+
   1360x768       59.8     60.0  
   1024x768       60.0  
   800x600        60.3     56.2  
   640x480        59.9  
VGA1 disconnected (normal left inverted right x axis y axis)
HDMI1 disconnected (normal left inverted right x axis y axis)
DP1 disconnected (normal left inverted right x axis y axis)
Dari daftar tersebut, dapat dilihat yang sedang aktif adalah LVDS1. Sekarang tinggal memasukkan ke dalam perintah sebelumnya:
$ xrandr --output LVDS1 --brightness 0.4
Hemat saya, nilai tertingginya adalah 1. Karena waktu saya coba ubah menjadi 2, wow ... terang banget jadinya :(. Silahkan atur sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan mata.

Oiya, keterangan di situs commandlinefu, katanya cara ini adalah, "software way". Ada yang bisa bantu menjelaskan apa maksudnya?
 

Komentar

Postingan Populer