Langsung ke konten utama

radio tray dan proxy

Membingungkan. Biasanya cukup dengan meng-klik tombol "Apply System Wide", maka setelan proksi dari jaringan kampus bisa segera dinikmati diberbagai perangkat lunak yang ada. Tapi saat ini, karena tidak tersedia, akibatnya beberapa aplikasi yang membutuhkan koneksi internet tapi tidak tersedia setelan untuk proksi, kelabakan. Saat ini, yang paling mudah terlihat adalah aplikasi Radio Tray. Aplikasi ini mengalirkan (streaming?) layanan radio daring.

Pada saat menggunakan Ubuntu, aplikasi ini bisa dengan mudah memutar layanan aliran radio. Namun, ketika dicoba dengan BlankOn 8, percobaan pertama pasca pemasangan tidak berhasil memutar layanan. Saya curiga, ini karena setelan proksi. Kalo menggunakan jaringan tidak ber-proksi bisa jadi lancar-lancar sahaja. Membingungkan. Saya tidak menemukan bagaimana caranya membuat setelan proksi yang bisa dimanfaatkan oleh aplikasi tersebut.

Tidak dinyana, setelah kebingungan mencari kata kunci yang pas untuk dimasukkan ke google, saya mendapatkan satu artikel yang menyatakan, "untuk bisa memanfaatkan setelan proksi bagi seluruh sistem, Anda bisa menuliskan setelan proksi pada berkas environment pada direktori /etc" (terjemahan bebas, karena lupa itu alamat situsnya apa :D).

Jadi, silahkan isi berkas environtment dengan ini:

http_proxy=http://my.proxy.server.net:8080/
https_proxy=http://my.proxy.server.net:8080/
ftp_proxy=http://my.proxy.server.net:8080/
no_proxy="localhost,127.0.0.1,localaddress,.localdomain.com"
HTTP_PROXY=http://my.proxy.server.net:8080/
HTTPS_PROXY=http://my.proxy.server.net:8080/
FTP_PROXY=http://my.proxy.server.net:8080/
NO_PROXY="localhost,127.0.0.1,localaddress,.localdomain.com"


Ada catatan di situs itu, kenapa ada 2 konfigurasi. Satu bagian dengan lowercase dan bagian lain dengan uppercase. Yang jelas, setelah saya tambahkan setelan proksi pada berkas tersebut, Radio Tray-nya bisa memutar layanan radio daring di mesin BlankOn 8 saya :).

Hmmm ... satu langkah maju buat saya untuk lebih berkomitmen di proyek ini :).

Ah ... setelan ini bisa saja tidak berefek di mesin lain (yang juga menggunakan BlankOn 8). Semoga sukses dan selamat ngoprek :).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Great Raid

Udah pernah nonton film yang satu ini? Bagi penggemar film2 action terutama film2 perang dunia ke-2, anda harus nonton film ini. Film ini nyeritain tentang PDII yang terjadi di Asia Pasifik. Buat gue, film ini menambah wawasan tentang kekejaman PDII yang terjadi ngga' hanya di belahan Eropa sana (perang lawan Jerman), tapi juga di kawasan Asia-Pasifik (perang lawan Jepang), CMIIW. Perang di Asia-Pasifik juga ngga' kalah ganasnya dengan yang terjadi di Eropa. Terutama kalo ngeliat perlakuan tentara Jepang terhadap POWs (Prisoner of Wars-red). Film ini mengisahkan tentang pembebasan 500 (sebenernya 512) orang tawanan perang di Camp Cabanatuan yang telah menjadi tawanan selama 3 tahun. Operasi pembebasan ini diinisiasi oleh 6th Army Rangers Batallion, yang dipimpin oleh Letkol Henry Mucci. Untuk strategi diserahkan kepada Kapt. Robert Prince, yang kalo menurut gue, strategi penyerangan dan pembebasan yang luar biasa. Hampir ngga' ada kesalahan, bersiihhh...!!! Kesalahan yang t

Tampilan Terbagi ~ Notepad++

logo notepad++ (sumber wikipedia) Mesti dah pada paham lah, apa itu notepad++ . Ya? Pemahaman sederhana saya, notepad++ merupakan salah satu perangkat penyunting teks yang digunakan, utamanya, untuk menyunting berkas  pemrograman. Tentunya, lingkungan yang digunakan adalah lingkungan sistem operasi MS-Windows. Bisa saja digunakan untuk menyunting hal lain. Atau bahkan membuat berkas teks mandiri guna keperluan selain dari penulisan bahasa pemrograman. Saya ngga' akan menjelaskan panjang lebar tentang apa dan bagaimana aplikasi ini. Yang ingin saya tuliskan di sini hanya, bagaimana membuat tampilan terbagi ( split view ) pada notepad++. Apa guna? Bagi saya, untuk membandingkan isi dari satu skrip (pemrograman) dengan skrip yang lain. Fungsi ini saya perlukan disaat saya ingin melihat perubahan dari skrip yang saya susun (namun memiliki kutu) dengan skrip hasil perbaikan kawan saya. Mari kita mulai dengan gambar pertama. Di bagian ini, kita buka berkas yang ingin kita su

Add new admin user without adding role - SLiMS Short Tutorial

Tulisan ini berisi cara singkat bekerja dengan SLiMS, suatu aplikasi otomatisasi perpustakaan yang dapat diunduh dan dipelajari lewat situs https://slims.web.id . Kali ini akan menjelaskan, apa efeknya apabila kita membuat akun pengguna laman Admin tanpa menambahkan fungsi untuk pengguna tersebut. Fungsi untuk pengguna dapat didefinisikan terlebih dahulu via modul System sub-menu User Group . Yang terjadi, apabila kita membuat pengguna laman admin tanpa menambahkan fungsi kerjanya, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Tidak ada modul yang dapat diakses, karena akun pengguna tersebut tidak "ditugaskan" untuk mengakses modul. Setelah mendefinisikan fungsi kerja, jangan lupa dicentang ketika membuat akun pengguna laman Admin. Seperti ditunjukkan pada bagian yang ter- highlight  pada gambar di atas. Setelah itu, dapat dipastikan, akun pengguna tersebut dapat mengakses modul-modul yang telah ditetapkan berdasarkan fungsi kerja yang dibuat. Semoga berma