radio tray dan proxy

Membingungkan. Biasanya cukup dengan meng-klik tombol "Apply System Wide", maka setelan proksi dari jaringan kampus bisa segera dinikmati diberbagai perangkat lunak yang ada. Tapi saat ini, karena tidak tersedia, akibatnya beberapa aplikasi yang membutuhkan koneksi internet tapi tidak tersedia setelan untuk proksi, kelabakan. Saat ini, yang paling mudah terlihat adalah aplikasi Radio Tray. Aplikasi ini mengalirkan (streaming?) layanan radio daring.

Pada saat menggunakan Ubuntu, aplikasi ini bisa dengan mudah memutar layanan aliran radio. Namun, ketika dicoba dengan BlankOn 8, percobaan pertama pasca pemasangan tidak berhasil memutar layanan. Saya curiga, ini karena setelan proksi. Kalo menggunakan jaringan tidak ber-proksi bisa jadi lancar-lancar sahaja. Membingungkan. Saya tidak menemukan bagaimana caranya membuat setelan proksi yang bisa dimanfaatkan oleh aplikasi tersebut.

Tidak dinyana, setelah kebingungan mencari kata kunci yang pas untuk dimasukkan ke google, saya mendapatkan satu artikel yang menyatakan, "untuk bisa memanfaatkan setelan proksi bagi seluruh sistem, Anda bisa menuliskan setelan proksi pada berkas environment pada direktori /etc" (terjemahan bebas, karena lupa itu alamat situsnya apa :D).

Jadi, silahkan isi berkas environtment dengan ini:

http_proxy=http://my.proxy.server.net:8080/
https_proxy=http://my.proxy.server.net:8080/
ftp_proxy=http://my.proxy.server.net:8080/
no_proxy="localhost,127.0.0.1,localaddress,.localdomain.com"
HTTP_PROXY=http://my.proxy.server.net:8080/
HTTPS_PROXY=http://my.proxy.server.net:8080/
FTP_PROXY=http://my.proxy.server.net:8080/
NO_PROXY="localhost,127.0.0.1,localaddress,.localdomain.com"


Ada catatan di situs itu, kenapa ada 2 konfigurasi. Satu bagian dengan lowercase dan bagian lain dengan uppercase. Yang jelas, setelah saya tambahkan setelan proksi pada berkas tersebut, Radio Tray-nya bisa memutar layanan radio daring di mesin BlankOn 8 saya :).

Hmmm ... satu langkah maju buat saya untuk lebih berkomitmen di proyek ini :).

Ah ... setelan ini bisa saja tidak berefek di mesin lain (yang juga menggunakan BlankOn 8). Semoga sukses dan selamat ngoprek :).

Komentar

Postingan Populer