system sound > on!

sudah cukup lama beberapa sistem operasi gnu/linux yang saya pasangkan di laptop ini selalu membisu. ya, ngga' seperti yang lainnya, keluar suara peringatan, suara memula ketika sistem nyala untuk pertama kali. ngga' penting sich, karena saya tetap bisa menyelesaikan pekerjaan sebagaimana mestinya. tapi penasaran tetap penasaran.


beberapa memberikan solusi yang serupa. seperti misalnya menyalin berkas yang ada di /usr/share/sounds/ubuntu ke /usr/share/sounds/, bump! tetep apa yang diharapkan ngga' terjadi.


cari rujukan sana-sini, akhirnya ketemu satu cara yang sangat manjur. yang selama ini solusinya bertengger di depan hidung, tinggal menunggu waktu untuk ditemukan :D. paham dconf-editor? atau nama paketnya adalah dconf-tools. kalo belom ada, pasang dulu dconf-toolsnya. cara mengaktifkannya lewat aplikasi ini.
dconf-tools a.k.a. dconf editor
mudah saja, yang perlu kita aktifkan adalah adalah event-sounds yang berada di org ~> gnome ~> desktop ~> sound. jreng! coba keluar (logout) terus masuk (login) lagi. atau biar puas, mula ulang aja sistemnya :). sebelum event-sounds ini aktif, efek suara pada sistem yang saya gunakan, tidak aktif, yang mana tidak bisa dikustomisasi sesuai keinginan
pilihan efek suara yang tidak aktif
setelah saya aktifkan event-sounds menggunakan dconf-editor, akhirnya efek suara pada setelan suara di sistem bisa aktif kembali.
efek suara yang sudah bisa dipilih sesuai keinginan
akhirnya, suara masuknya ubuntu yang legendaris itu bisa terdengar lagi kala sistem saya memula pertama kali, setelah sekian lama :D. semoga bermanfaat.





Komentar

Postingan Populer