login banner

Jadi sekarang, salah satu tugas saya adalah merawat beberapa peladen yang ada di perpustakaan. Kebetulan sistem operasi yang terpasang pada peladen2 tersebut adalah GNU/Linux. Isi peladennya biasa-biasa sahaja. Hanya peladen aplikasi otomasi perpustakaan dan peladen data. Karena sudah ber-GNU/Linux, untuk memonitor secara jarak jauh (remote), saya pasangkan SSH.

Idenya (karena saran seorang kawan) adalah, bagaimana memunculkan pesan ketika saya/orang lain melakukan ssh ke mesin-mesin tersebut. Yang terbesit saat pertama kali mendengar ide tersebut adalah seperti gambar di bawah:
Namun, berdasarkan pranala [0] yang ditunjukkan sama temen saya, hasil akhirnya seperti ini:
Hahaha...gapapa sich. Seru juga hasil akhirnya. Paling tidak dengan pesan peringatan seperti itu saya jadi lebih ngeh akan peladen mana yang sedang saya masuki. Oia, itu pesannya saya karang sendiri. Disesuaikan dengan feel dan mood aja :D.

Sekarang, bagaimana caranya menghasilkan hasil akhir seperti gambar kedua? Sebenarnya sudah dijelaskan sama pranala yang sudah disebutkan di atas. Saya tulis ulang lagi deh, sesuai praktek yang sudah saya lakukan.

a. Buat berkas login banner terlebih dahulu, dengan memasukkan perintah:
~$ sudo nano /etc/sshd/sshd_banner
Nama berkasnya bisa apa saja. Silahkan disesuaikan. Aplikasi penyunting teksnya juga boleh pakai selain nano. Silahkan disesuaikan. Isinya? Bisa apapun. Contoh yang paling mudah ya yang saya buat itu


b. Buka dan sunting berkas sshd_config yang berada di /etc/sshd/ dan tambahkan baris kalimat di bawah, pada paragraf baru:
Banner /etc/sshd/sshd_banner
c. Setelah ditambahkan, jangan lupa untuk disimpan lalu mula-ulang layanan ssh dengan perintah:
~$ sudo restart ssh (atau perintah lainnya, ~$ sudo /etc/init.d/ssh restart)
d. Silahkan dicoba dengan meng-ssh mesin peladennya. Logout lalu login lagi.

Hasil akhirnya nanti seperti gambar kedua :). Lalu, bagaimana dengan gambar pertama? Setelah saya cari tahu (lewat google), ternyata yang saya bayangkan di awal itu seharusnya motd. Ya, MOTD. Motd itu letaknya ada di /etc. Isi motd akan menghasilkan pesan seperti gambar di bawah:
Hnah...silahkan pula ini disunting sesuai keinginan. Tadinya, supaya meriah, saya mau mengkombinasikannya [1] dengan fortune cookie [2]. Tapi belum dicoba lagi. Walaupun paket fortune sudah dipasang ke mesin peladen. Selamat mencoba :).


Rujukan:
[0] http://goo.gl/FFhn6
[1] http://goo.gl/llGRf
[2] http://goo.gl/SthoK




Komentar

Postingan Populer