network unmanaged

yes! unmanaged. semuanya dimulai kala saya berekspiremen asal2an. bermodalkan nanya sama ahlinya dan rasa penasaran, "masa ngga' bisa sich?". dan akhirnya, memang belum bisa (saat itu) :(.


kala itu, di kantor saya berniat untuk membagi koneksi inet dari laptop saya, yang terhubung dengan inet menggunakan koneksi nirkabel, ke pc yang kala itu ada di ruangan saya. coba tanya sana-sini, ada yang menganjurkan setting iptables, tapi saya males buat yang rumit2 waktu itu. terus ada yang nyaranin pake firestarter. ini yang masuk dirasa. karena ada guinya :D.


okeh, kita coba otak-atik firestarter namun berujung pada kebelumtersambungan koneksi inet. ya sudh. kala itu kebelumtersambungan tidak terfikirkan lagi karena ada kerjaan lain. dan saya tetap bisa ngenet pake koneksi nirkabel. jadi...saat itu, santai2 ajah.


dan setelah kemaren seharian ini libur ngenet pake laptop, kangen donq sama yang namanya medsos. apdet2 status, mantau perkembangan dunia. nyalain laptop donq. colokin kabel donq. jreng2...ngga' bisa konek. kenapa? ngga' tau :(.


begitu cek ip, koq...ip-nya aneh? ternyata sodara2, itu ip waktu saya iseng2 kemaren. walhasil, tersangka utama adalah si firestarter. buka firestarter. cek preferences. ternyata perintah dimula kala mesin nyala tercentang. hmmm...di-uncentang lah. restart. 1...2...3...masih ngga' konek juga :(. apalagi donq? gufw, ya...gufw. linuxmint ini punya bawaan firewall. namanya gufw. jadilah dia tersangka kedua. karena memang saya mengaktifkan si gufw ini buat jaga2 (entah jaga2 dari apa).


nonaktifkan gufw...done! restart lagi. 1...2...3. masih ngga' konek juga :(. okey...mulai panik dan neleponin satu per satu para ahli yang saya kenal. 1, 2, ngga' diangkat. coba lagi, diangkat. ternyata lagi di jalan, mau taun baruan. coba lagi yang laen. diangkat. dikasih solusi dengan mengatur secara manual. apa aja dan gimana perintahnya? saya lupa, beneran :D. karena target saya adalah mengembalikan si unmanaged menjadi managed, secara gui tentunya. tapi memang, si kawan saya itu menitikberatkan pada, "pokonya loe harus beresin itu si network manager. titik."


baiklah, kita coba cari pendapat lain. telepon dan diangkat. jawabannya sedikit beda. dengan mengkonfigurasi berkas interfaces yang ada di /etc/network. jadi tinggal ditambahin:


auto eth0
iface eth0 inet dhcp


kelar! restart dan kembali cek network manager. keliatannya masih ngga' terhubung. tapi begitu diklik network manager-nya, statusnya beda sama sebelumnya. sekarang jadi? ya...network unmanaged. anehnya...dengan status seperti itu, dan ikon yang tidak terhubung, saya bisa ngenet. bisa ceting. bisa nganu dan nganu. well...masih ditelepon, saya tanyain koq bisa ya? temen saya bilangnya, "bisa pak. saya pernah kae begitu. tapi santai ajah, lama2 bisa normal koq pak."


waduh, lama2 ya? hmmm....tadinya pasrah sama keadaan. sudahlah, mungkin memang harus lama2. biar lama2 ganti laptop ya. terus ganti os ke os yang apel growak ituh. e tapi ngga' bisa dhe. penasaran. coba cari solusinya di google, diarahin ke diskusi di milis forum pengguna ubuntu. di situ, kasusnya adalah ubuntu 08.10. jadul yak. mundur 3 tahun. tapi gapapa. beda2 dikit saya pikir.


dan ya, ternyata memang beda2 dikit. cuman beda nama berkasnya doanq. isi konfigurasinya masih sama. kalo di forum itu harus nyunting berkas nm-system-settings.conf, kalo di linuxmint12 berkas yang harus disunting adalah NetworkManager.conf. perhatikan huruf kapital pada nama berkas. memang seperti itu. isi dari berkas di atas seperti ini:



[main]
plugins=ifupdown,keyfile
no-auto-default=(macaddresssperangkatkeras),
[ifupdown]
managed=false


langkah berikutnya, rubah "managed=false" menjadi "managed=true". simpan. dan berikutnya jalankan perintah ini:


sudo killall NetworkManager


selesai? coba tengok lagi network managernya dan lakukan perubahan seperlunya. kalo di saya, akhirnya itu network manager setingannya bisa diakses. padahal tadi ngga' bisa samsek. langsung saya rubah metode koneksi lewat eth0 yang tadinya "shared to other computers" jadi "automatic (DHCP)".


saya restart lagi si laptop, dan yang tadinya unmanaged sudah bisa kembali seperti sedia kala (sepertinya). karena ikon terhubung melalui eth0 sudah muncul seperti sedia kala. cuman saya bingung, kenapa muncul seperti gambar terlampir:
padahal sebelumnya ngga'? (thinking) apa karena konfigurasi pada berkas NetworkManager.conf? hmmm...bisa jadi. tapi sementara ini saya mau menikmati ke managed-an yang sudah kembali (seperti) sediakala.


ada ide lain? silahkan :).

Komentar

Postingan Populer