Langsung ke konten utama

screensaver pada ubuntu 11.10

sudah menggunakan ubuntu 11.10? saya sudah, bahkan sejak masih dalam rilis beta 2. sengaja saya cadangkan 1 partisi untuk percobaan distribusi yang baru rilis. sengaja pula saya mencoba sejak versi beta 2, karena katanya banyak peningkatan dari segi desktop environment yang ubuntu gunakan. unity. dan yang saya rasakan, sampai dengan rilis final ubuntu 11.10, ubuntu di oneiric, kode nama ubuntu 11.10, sudah jauh lebih baik dibandingkan unity di maverick. netbook istri saya masih menggunakan ubuntu 11.04. memang terasa bedanya.

tulisan ini tidak dimaksudkan untuk membahas unity, mungkin di lain tulisan :D. tapi saya mau membahas bagaimana memasangkan screensaver pada ubuntu 11.10 di mana hasil pemasangan standarnya ternyata TIDAK ADA yang namanya screensaver. yup. coba diperiksa. screensaver yang saya maksud di sini adalah semacam pemadam layar yang menampilkan grafis. jadi tidak hanya layar hitam yang cuma bisa disetel untuk diberikan kunci kala padam atau tidak :(.


secara tidak sengaja saya membaca tulisan yang membahas tentang screensaver pada satu distribusi. tulisan itulah yang membuat saya penasaran, apa iya saya tidak bisa memasang screensaver pada ubuntu 11.10 yang saya gunakan? ternyata, bisa! pada ubuntu 11.10 banyak perubahan gaya setelan yang benar-benar berbeda dengan rilis sebelumnya. contoh yang paling kentara, selain setelan screensaver adalah setelan untuk ukuran wallpaper. entah saya yang kurang teliti, tapi pada setelan penampilan ubuntu 11.10, saya tidak bisa menentukan apakah wallpaper yang akan saya gunakan nanti gambarnya akan saya stretch, center, dan lain-lain.

kembali ke screensaver, paket standar yang digunakan oleh ubuntu 11.10 untuk screensaver adalah gnome-screensaver. sepertinya fungsi si gnome-screensaver hanya seperti itu, mematikan layar, mengunci layar (jika diperlukan). sudah. tidak ada pilihan kala screensaver aktif akan menggunakan tampilan grafis seperti apa. hnah...untuk mendapatkan tampilan grafis kala screensaver aktif, ternyata kita harus menggunakan paket yang lain. syaratnya, kita harus hilangkan dulu paket gnome-screensaver yang sudah terpasang:

# apt-get remove --purge gnome-screensaver

setelah proses menghilangkan selesai, baru kita pasang paket yang namanya xscreensaver. kalau kita mengacu pada tulisan lain, ada paket-paket lain yang disertakan. silahkan pilih. tapi saya sendiri mengikuti acuan pada tulisan lain tersebut :). jadi selain memasang paket xscreensaver, saya juga memasang paket xscreensaver-gl-extra dan xscreensaver-data-extra.

# apt-get install xscreensaver xscreensaver-gl-extra xscreensaver-data-extra

hnah...pada acuan tulisan lain yang saya sertakan ada proses yang menyatakan kita untuk menambahkan xscreensaver pada startup applications. saya pun melakukannya. tapi, coba nanti jangan lakukan apa yang saya lakukan pada tahap ini. karena begitu aplikasi xscreensaver dipanggil ada semacam peringatan yang translasi bebasnya kurang lebih seperti ini, "daemon gnome-screensaver sedang aktif. xscreensaver tidak bisa aktif jika daemon ini aktif. matikan? ya atau tidak." dan begitu kita pilih tidak, akan ada lagi semacam peringatan, "aktifkan daemon xscreensaver? ya atau tidak." dicoba saja. kalau tidak yakin, ya silahkan dicoba cara pada tulisan lain tersebut :).

setelah terpasang, silahkan panggil melaui dash dengan kata kunci "xscreensaver" nanti akan muncul aplikasi dengan window seperti ini

tampilan xscreensaver

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Great Raid

Udah pernah nonton film yang satu ini? Bagi penggemar film2 action terutama film2 perang dunia ke-2, anda harus nonton film ini. Film ini nyeritain tentang PDII yang terjadi di Asia Pasifik. Buat gue, film ini menambah wawasan tentang kekejaman PDII yang terjadi ngga' hanya di belahan Eropa sana (perang lawan Jerman), tapi juga di kawasan Asia-Pasifik (perang lawan Jepang), CMIIW. Perang di Asia-Pasifik juga ngga' kalah ganasnya dengan yang terjadi di Eropa. Terutama kalo ngeliat perlakuan tentara Jepang terhadap POWs (Prisoner of Wars-red). Film ini mengisahkan tentang pembebasan 500 (sebenernya 512) orang tawanan perang di Camp Cabanatuan yang telah menjadi tawanan selama 3 tahun. Operasi pembebasan ini diinisiasi oleh 6th Army Rangers Batallion, yang dipimpin oleh Letkol Henry Mucci. Untuk strategi diserahkan kepada Kapt. Robert Prince, yang kalo menurut gue, strategi penyerangan dan pembebasan yang luar biasa. Hampir ngga' ada kesalahan, bersiihhh...!!! Kesalahan yang t

Tampilan Terbagi ~ Notepad++

logo notepad++ (sumber wikipedia) Mesti dah pada paham lah, apa itu notepad++ . Ya? Pemahaman sederhana saya, notepad++ merupakan salah satu perangkat penyunting teks yang digunakan, utamanya, untuk menyunting berkas  pemrograman. Tentunya, lingkungan yang digunakan adalah lingkungan sistem operasi MS-Windows. Bisa saja digunakan untuk menyunting hal lain. Atau bahkan membuat berkas teks mandiri guna keperluan selain dari penulisan bahasa pemrograman. Saya ngga' akan menjelaskan panjang lebar tentang apa dan bagaimana aplikasi ini. Yang ingin saya tuliskan di sini hanya, bagaimana membuat tampilan terbagi ( split view ) pada notepad++. Apa guna? Bagi saya, untuk membandingkan isi dari satu skrip (pemrograman) dengan skrip yang lain. Fungsi ini saya perlukan disaat saya ingin melihat perubahan dari skrip yang saya susun (namun memiliki kutu) dengan skrip hasil perbaikan kawan saya. Mari kita mulai dengan gambar pertama. Di bagian ini, kita buka berkas yang ingin kita su

Add new admin user without adding role - SLiMS Short Tutorial

Tulisan ini berisi cara singkat bekerja dengan SLiMS, suatu aplikasi otomatisasi perpustakaan yang dapat diunduh dan dipelajari lewat situs https://slims.web.id . Kali ini akan menjelaskan, apa efeknya apabila kita membuat akun pengguna laman Admin tanpa menambahkan fungsi untuk pengguna tersebut. Fungsi untuk pengguna dapat didefinisikan terlebih dahulu via modul System sub-menu User Group . Yang terjadi, apabila kita membuat pengguna laman admin tanpa menambahkan fungsi kerjanya, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Tidak ada modul yang dapat diakses, karena akun pengguna tersebut tidak "ditugaskan" untuk mengakses modul. Setelah mendefinisikan fungsi kerja, jangan lupa dicentang ketika membuat akun pengguna laman Admin. Seperti ditunjukkan pada bagian yang ter- highlight  pada gambar di atas. Setelah itu, dapat dipastikan, akun pengguna tersebut dapat mengakses modul-modul yang telah ditetapkan berdasarkan fungsi kerja yang dibuat. Semoga berma