volume dengan kunci fn

yup yup yup, akhirnya bisa (applause). setelah mencoba menuntaskan rasa keingintahuan setelah berhasil mengatasi satu masalah, terpecahkan sudah satu masalah lainnya. tombol2 itu akhirnya bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

sebagaimana yang diketahui, ketika instalasi pertama kali, ada beberapa tombol kombinasi kunci fn yang tidak berfungsi normal, pada asus eeepc 1215p a.k.a. sea shell series-nya nyonya. yang teridentifikasi saat itu adalah tombol volume.

namun, dengan sedikit kesabaran dan ketekunan dalam mencari, solusi itu dapat ditemukan. sederhana, hanya dengan menambahkan baris kata:

acpi_osi=Linux

pada baris:

GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT

di dalam file /etc/default/grub, sehingga hasilnya menjadi seperti:

GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash acpi_osi=Linux"

simpan perubahannya, lalu jangan lupa update grub-nya:

sudo update-grub

kelar update grub, lalu mula-ulang netbooknya. dan...keajaiban pun terjadi. si netbook tombol volumenya sudah bisa digunakan dengan menekan kombinasi kunci fn+f12 untuk membesarkan volumenya, fn+f11 untuk ngecilin dan fn+f10 buat membisu :).

kenapa bisa begitu? apa yang terjadi? silahkan baca tautan di atas perihal solusi untuk mengetahui jawabannya :). dan bagaimana dengan tombol2 yang lain? belum tau, belom dicoba. selamat mencoba.

Komentar

kohatt mengatakan…
wah..ternyata kasusnya msh sama dengan kakanya (1201T)..biar lebih mantap lagi, instal jupiter skalian..
buitenzorg812 mengatakan…
@kohatt, jupiter itu yang buatannya aurora bukan pak dhe? mohon pencerahannya.
qq mengatakan…
wah, 'rumah' sini udh berganti suasana, senang dengan tampilannya. Mau donk rumahku juga dibedah :). Selamat tahun baru 2011 ya bapaknya faya
Sahdi mengatakan…
kalau pakai xp gimana fn nya?
buitenzorg812 mengatakan…
@qq, templat di blogspot sekarang lebih bervariasi. coba2 liat dhe ;).

@sahdi, wah...saya belom pernah mencoba pake windows xp pak. bukannya, kalo pake windows, seharusnya...semuanya sudah bisa berjalan dengan baik ya?

Postingan Populer