kembali...tampilan baru

halo, halo. setelah sekian lama saiah kembali :). sebetulnya banyak banget yang pengen ditulis sejak tulisan terakhir, sampe saat ini. karena nemu hal2 baru, keajaiban2 baru (sebutan saiah untuk ilmu2 baru hasil berbagi) namun, karena ide yang mau ditulis yang sekarang lagi terfikir dan terkerjakan. ini dia.

ya...ini dia, tampilan baru dari pc desktop yang dipake di rumah sekarang. kalo di postingan sebelumnya si pc menggunakan ubuntu 10.04, namun karena satu dan lain hal, akhirnya saiah menurunkan versi yang dipakai dan akhirnya saiah memutuskan untuk menggunakan ubuntu 8.04 alias hardy heron.

kenapa hardy? prosesnya agak lama setelah mencoba-coba beberapa distribusi linux yang dikhususkan untuk pc berspesifikasi perangkat keras rendah seperti linuxmint 9 xfce dan zencafe. namun, karena ketidakpuasan akhirnya kembali berpaling ke ubuntu (walaupun linuxmint masih derivasi dari ubuntu). lagi, kenapa hardy, karena hardy merupakan rilis lts atau dukungan jangka panjang. dukungan yang dimaksud adalah, jaminan perbaikan, keamanan kode/paket yang diberikan oleh ubuntu.untuk rilis dukungan jangka panjang versi pc, diberikan jangka waktu 3 tahun. yang artinya, dukungan untuk hardy masih akan ada sampai 2011. akankah saiah berhenti menggunakan hardy jikalau dukungan tersebut habis? tentu tidak ;). koq? tunggu ceritanya di baris lain :D.

lalu, alasan lain kenapa dipilih hardy, karena optimalisasi perangkat keras. sejak menggunakan lucid atau ubuntu 10.04, perangkat keras yang ada pada pc tidak termanfaatkan dengan baik. ya...pasti tau maksudnya, ngga' bisa diaktifin efek desktop-nya :D. hal sepele sich, tapi cukup mengganggu hati dan pikiran. ditambah ada beberapa permasalahan (yang kalo dicari solusi mungkin ada) seperti icon removable media, kalo dalam kondisi dicolok suka menghilang, atau malah ngga' keliatan padahal medianya sudah tercolokkan. dan beberapa hal yang...saiah lupa bentuknya seperti apa. sampai akhirnya saiah memutuskan untuk menggantinya dengan yang...lebih sesuai dengan kemampuan dan umur perangkat keras yang ada di pc.

dan...setelah beberapa minggu terpasang, apa yang saiah harapkan dalam sebuah pc akhirnya bisa terwujud. walaupun dengan spesifikasi jadul (liat postingan sebelumnya) daya hidup dan pengoperasiannya terhitung cepat. secara kasar, 60 detik sejak dinyalakan sudah beroperasional penuh. dan...efek desktop compiz bisa berfungsi dengan baik. kasian si nvidia kalo ngga' dipake tenaganya secara optimal :D. walaupun di awal2 ada rintangan kecil yang bikin bete, tapi akhirnya bisa diatasi.




oh...indahnya menggunakan gnu/linux dan foss. begitu banyak pilihan, begitu banyak keindahan yang bisa kita ambil tanpa harus mengorbankan banyak hal dari segi materi (tetep harus beli memori :D). kalo dulu tetap bertahan, mungkin si pc akan mengalami banyak keluhan :(. tapi ya...sejauh ini alhamdulillah segala sesuatunya lancar2 sahaja sich. si bunda dan si faya ngga' mengalami banyak kesulitan karena sudah terbiasa menggunakan ubuntu. tantenya faya, sepertinya jugak begitu. karena pekerjaannya juga banyak melibatkan internet dan aplikasi perkantoran yang notabene sudah tertanggulangi dengan keberadaan openoffice dan mozilla firefox. cuma sebagian yang masih menganggap bisa install aplikasi berekstensi .exe di pc ini, dibuktikan dengan banyaknya aplikasi2 .exe di direktori documents dan karena nanyain jugak. kebanyakan aplikasi2 itu, aplikasi2 permainan sich. namun permainan yang ditawarkan di linux, sementara ini cukup.

hati senang, semua bergembira :). ingat, jangan menyerah dengan gnu/linux. dibalik kesusahan, ada kepuasan yang tak tertandingi kalo bisa terpecahkan. kalo ngga', cari yang lain, yang lebih mudah penguasaan pemecahan masalahnya. jangan dipaksakan. jangan berhenti belajar tetap semangat :).

Komentar

addiehf mengatakan…
wahhh berbanding terbalik dengan saia ya om, kalo saia seeh senengnya sama hal-hal yang baru, jd sering ga kuat nahan kalo ada 'brojolan' baru (lol)

kemaren aja apgred lucid ke maverick ampe dibela2in 'sangat' padahal koneksi tidak lebih dari 20k/s doang, hingga akhirnya setengah harian penuh deh proses tersebut bisa selesai (doh)

karena saia mah pemula yang biasa jadinya ya itu, maen hajar dan nikmati saja lah. dan ketika ngadepin yang aneh ato trouble malah bikin terangsang deh. owhhh mungkin itulah nikmatnya oss yah om (lmao)



idiiihhhh ituhhh skrinsutnya cuantik bener deh (evil_grin)
buitenzorg812 mengatakan…
@addiehf, haha, saiah jugak pengennya bisa kek si mas. tapi apa daya, hardware terbatas, belom bisa mengakuisisi edisi terbaru, jadinya...dimanfaatkan sebaik mungkin yang ada.

barusan tak oprek2 lagi tampilannya. coba dipasangin avant-window-navigator, masuk cukup kuat itu mesin.

cuman yang sangat disayangkan ya hardisknya mas, kecil :D jadi ngga' bisa berimprovisasi banyak2, yang penting semua bisa pakek ;).

Postingan Populer