slideshow foto di senayan

ini yang pertama :D. dua tulisan berikut diambil dari hasil ngoprek seharian dalam rangka mempercantik tampilan SLiMS yang kita gunakan. eh...bukan dua dinq, tapi satu. yang kedua kegunaannya bisa dipake untuk mempercantik SLiMS jugak, tapi sifatnya umum yach :).

baik...yang pertama. adalah bagaimana menambahkan slideshow foto pada SLiMS sebagaimana yang terlihat pada tautan ini, http://203.142.65.118/perpustakaan/index.php. setelah cari sana-sini, bingung dengan banyaknya metode, dan akhirnya tanya ke plurk, dan memang saiah mendapatkan jawaban yang memuaskan dari sana. solusinya merupakan rekomendasi serta bimbingan dari ucrit dan mas purwoko dengan menggunakan tautan yang ada di sini.

setelah agak lama memahami alur kerjanya, maklum saiah bolot dalam hal pemrograman (atau memang ngga' bisa dari sononya :D), akhirnya oleh mas purwoko saiah diarahkan untuk mengunduh data ini. dari data yang diunduh tadi, kita akan mendapatkan 2 buah data dan 1 buah direktori. 1 data merupakan data berkestensi .js, sedangkan yang satunya adalah .html. sedangkan direktorinya berisi gambar2 rujukan.

okeh, ini diya caranya. kopikan data jquery.js ke dalam direktori js di dalam distribusi SLiMS yang anda gunakan. setelah itu, anda buka data index.html yang isinya seperti ini,

http://paste.plurk.com/show/275286

kopikan bagian yang pertama, yaitu

http://paste.plurk.com/show/275287

ke dalam data style.css yang ada di dalam direktori template yang akan kita tambahkan slideshow foto. dalam hal ini, saiah akan menambahkan bagian tersebut ke dalam data style.css di dalam direktori template/default.

selesai bagian yang pertama, kita lanjut bagian yang kedua. kopikan bagian ini

http://paste.plurk.com/show/275288

ke dalam data index_template.inc.php yang ada di dalam direktori template/default. tambahkan pada bagian yang ingin anda liat si slideshow foto itu tampil. kalo saiah pengennya dia muncul sebelum mainContent, setelah infoBox. dan jadinya seperti ini



okeh, dengan komposisi seperti itu, berarti isi dari data index_template.inc.php di dalam template/default saiah adalah seperti ini

http://paste.plurk.com/show/275293

jangan lupa, sunting pada bagian ini, , untuk menselaraskan tempat dimana kita menyimpan data jquery.js tadi. untuk kasus saiah, karena saiah menyimpannya di dalam direktori js, jadi pemunculannya adalah seperti di atas.

atur dengan baik tempat anda menyimpan gambar. entah kenapa, kalo gambar saiah tempatkan di dalam direktori template/default/media, walopun jalurnya telah disesuaikan itu gambar ngga' mau muncul. walhasil, semua gambar yang akan saiah gunakan pada slideshow tersebut saiah letakkan di direktori utama (dalam hal ini saiah menamakannya dev_test. sebagian besar mungkin menamakannya senayan3-stable**). saiah memberi nama direktori untuk menyimpan gambarnya dengan nama slideshow, seperti yang terlihat di sini

http://paste.plurk.com/show/275294

apalagi? kalo ngga' ada aral melintang, seharusnya dengan setelan yang sudah saiah tuliskan di atas, slideshow sudah bisa dinikmati seperti gambar yang tercantum :). mangga, silahkan dicoba. semoga sukses untuk mempercantik tampilan SLiMSnya ;).

Komentar

evran mengatakan…
Akan bagus sekali bila senayan punya template bawaaan dengan slideshow seperti ini.
buitenzorg812 mengatakan…
@evran, hemat saiah sich tergantung kebutuhan masing2 mas. karena belum tentu semua perpustakaan nyaman dengan bentuk template seperti itu :). makasih buat masukkannya mas.

Postingan Populer