gnome global menu

aplikasi ini memang luar biasa. awalnya pengen pake ini karena mau bikin karmic jadi a la mac. awal2nya ciamik banget dech. the perfect desktop kalo buat gue mah. tapi entah kenapa, tiba2 sahaja avant-window-navigator ngga' mau muncul. padahal biasanya, cukup panggil pake alt+f2, si awn muncul. bermula dari ketidakmunculan si awn itu, akhirnya memutuskan untuk kembali ke format awal desktop. uninstall mac4lin, sampe menon-aktifkan emerald, sampe...menonaktifkan desktop effect *sigh*.

tapi bukan itu maksud tulisan ini. cerita ini tentang bagaimana si gnome global menu masih sajah menghilangkan menu2 pada aplikasi padahal si gnome global menu ini sudah di nonaktifkan. awalnya ngga' ngeh, kalo menu2 itu tetap menghilang. satu kali, saiah cuekin, mungkin karena belom direstart kali. tapi...ketika buka beberapa aplikasi, jeng jeng...semua menunya menghilang (doh).

bingung donq! kenapa yach, koq bisa begitu. tanya sana-sini sama om gugel, kedapetan ada yang juga pernah ngalamin hal yang sama. ada beberapa cara, tapi gue pilih satu cara, dimana cara memunculkan kembali menu2 pada aplikasi adalah, dengan meng-komen satu sintak, dan meng-ankomen satu sintak lainnya :D. file yang harus diedit adalah .gnomerc yang ada di folder /home. isi standarnya seperti ini,

# Uncomment to load the GTK module
export GTK_MODULES=globalmenu-gnome
# Uncomment to tell the GTK module to open a Gtk
# TreeView for all menus in the application you start.
# export GNOMENU_FUN=1
# Uncomment to disable global menu.
# export GNOMENU_DISABLED=1
# Uncomment to print a lot of debugging messages
# export GNOMENU_VERBOSE=1
# Uncomment to save the debugging messages to the given file.
# export GNOMENU_LOG_FILE=/tmp/gnomenu.log
# uncomment to disable the plugin for specific programs.
# export GTK_MENUBAR_NO_MAC="fast-user-switch-applet"

untuk memunculkan kembali si menu, yang saiah lakukan cukup dengan meng-komen baris,

export GTK_MODULES=globalmenu-gnome

menjadi,

# export GTK_MODULES=globalmenu-gnome

dan baris,

# export GTK_MENUBAR_NO_MAC="fast-user-switch-applet"

menjadi,

export GTK_MENUBAR_NO_MAC="fast-user-switch-applet"

jadi hasilnya seperti ini,

# Uncomment to load the GTK module
# export GTK_MODULES=globalmenu-gnome
# Uncomment to tell the GTK module to open a Gtk
# TreeView for all menus in the application you start.
# export GNOMENU_FUN=1
# Uncomment to disable global menu.
# export GNOMENU_DISABLED=1
# Uncomment to print a lot of debugging messages
# export GNOMENU_VERBOSE=1
# Uncomment to save the debugging messages to the given file.
# export GNOMENU_LOG_FILE=/tmp/gnomenu.log
# uncomment to disable the plugin for specific programs.
export GTK_MENUBAR_NO_MAC="fast-user-switch-applet"

setelah selesai, simpan, dan restart ulang ubuntu. daaaannn...jreng...jreng!!! semua menu sudah kembali ke tempat asalnya :). love it!

*err...ada yang tau kenapa avant-window-navigator bisa ngga' muncul?

Komentar

Postingan Populer