editor partisi

tempo hari, saiah dan teman saiah sempet sedikit berargumentasi perihal tersedia atau tidak editor partisi di ubuntu 9.10. dia bersikeras bahwa sudah tersedia editor partisi di ubuntu 9.10. hodobnya saiah, begitu bicara editor partisi, yang terfikir adalah gparted[0]. tidak terfikir akan perangkat lunak lain diluar gparted. dan gparted tidak tersedia secara default, harus kita install secara mandiri lewat repositori. btw, memang tersedia kalo kita menggunakan live cd (lupa apa masih ada di live cd-nya ubuntu 9.10).

beberapa hari yang lalu, ketika sedang menjelajah kembali software2 yang sudah terinstal di dalem sl400, penasaran membuka satu aplikasi di dalam system -> administration yang namanya disk utility. begitu dibuka, ternyata...ini yang jadi bahan perdebatan kita kemaren. kalo liat di about-nya, aplikasi itu bernama palimpsest[1]. buatannya redhat. soale copyrightnya ke redhat :D.


tampilannya sederhana. lebih menarik gparted sebetulnya, dengan tampilan grafiknya itu. tapi...walopun sederhana, software ini sangat informatif. yang jelas, apa yang gparted lakukan, bisa dilakukan di software ini. yang lebih asoynya, dunno apakah ini by default ada di palimpsest, ada fitur smart untuk melihat kondisi hardisk kita. lalu, kalo kita klik more information, akan ditampilkan seluk beluknya hardisk kita, walopun saiah pribadi ngga' ngerti semuanya. lebih jelasnya, ada digambar terlampir.

jadi...akhirnya, saiah akan mengakui ke temen saiah, kalo memang ada editor partisi yang by default sudah terpasang di ubuntu 9.10 :).




*bahan bacaan:
[0] http://gparted.sourceforge.net/
[1] http://wiki.linuxquestions.org/wiki/Palimpsest

Komentar

dhanza mengatakan…
iya, bisa ngasih tau kalo ada bad sector juga, cuman saya masih nggak ngerti gimana ngilangin bad sector di linux :(
Willy Permana mengatakan…
Kayaknya si palimpsest ini yang kasih tahu saya kalau harddisk data sudah punya 63 bad-sector. Mana lagi kere...
buitenzorg812 mengatakan…
@dhanza, ngilangin bad sector itu, mau ngga' mau hardisk kita harus diformat bukan? dulu sekali pernah coba ngilangin, bukan ngilangin sich tapi mindahin tepatnya, bad sector di hardisk pake metode low level format. kalo solusi di linux, banyak yang nyaranin terutama di linuxquestions.org, buat pake live cd kek knoppix, tapi setelah itu...ngga' tau lagi apa yang harus dilakukan :D.
buitenzorg812 mengatakan…
@willy permana, turut berduka cita atas bad sektornya mas. koq bisa sebanyak itu? apa yang terjadi?

Postingan Populer