out of frequency @ blankon (also in gutsy)

awalnya dimulai dari diskusi di milis blankon. ada yang nanyain tentang problem out of frequency waktu sistem mulai. sebetulnya permasalahan ini bukan cuman di blankon, gutsy juga. secara, blankon derivative dari gutsy, cmiiw. mengganggu, ya...bikin penasaran ajah, kenapa bisa jadi begitu, walopun ngga' ngaruh ke kerja sistem sama sekali.

ternyata, masalah out of frequency tadi merupakan salah satu bugs di gutsy. semuanya tercatat di launchpad (sambangi link pada judul). dari yang gue baca, ada 3 solusi yang ditawarin, salah satunya, yang bekerja buat gue adalah, edit si usplash.conf. kalo monitor yang kita pake resolusinya 1024*768, rubah xres sama yresnya sesuai sama nilai resolusi monitor kita.

$ sudo gedit /etc/usplash.conf

(di dalam usplash.conf)
# Usplash configuration file
xres=1024
yres=768

udah selesai, terus simpen. dah disimpen, terus kita update initramfs pake perintah:

$ sudo update-initramfs -c -k all

terus...reboot dah! hasil akhirnya, monitor yang gue pake dah bisa nampilin usplash waktu boot :D. baca dengan sangat perlahan yach, waktu liat launchpadnya, siapa tau, solusinya bisa lebih dari 3 yang barusan gue bilang :).

Komentar

Postingan Populer