impor data isis ke spreadsheet (openoffice.org)

buat temen2 pustakawan yang make isis, tentunya dah cukup familiar sama kegiatan impor meng-impor dbase isis, palagi ke excel. sekarang, impor yang saya lakukan ini bukan ke excel, tapi ke spreadsheet, excel versi open source dari openoffice.org. kenapa spreadsheet, awalnya, karena untuk pekerjaan kantor, saya sudah tidak menggunakan produk tetangga sebelah lagi :). ya...saya pake linux.

okay, intinya bukan cerita tentang linux or what-so-ever, tapi gimana setingan pada saat kita membuka file hasil konversi di spreadsheet. yang pertama kita lakukan adalah membuat file print format (.pft) yang akan digunakan untuk mengimpor berkas data koleksi isis kita. ini skrinsyutnya. namanya bisa apa saja (ngga' musti xls.pft) dan simpan data barusan di folder tempat anda menyimpan data isis bersangkutan yang akan di impor.


untuk tag, sesuaikan dengan tag yang temen2 pake. setelah file .pft-nya jadi, sekarang masuk ke isisnya (saya menggunakan wine untuk menjalankan winisis di linux, and it runs perfectly, at least for me :D), buka dbase yang mau diimpor. kita bisa lihat apakah file .pft yang kita buat, seperti skrinsyut ini.


kalo dah okay, semua tag yang temen2 buat dah muncul, kita mulai ke proses impor. impor sama konversi itu, sarua jeung keneh ngga' sich? :D. di menu winisis, pilih database --> print. nanti akan keluar window print. di bagian print what, tinggal pilih, mau cetak semua isi dbase (current browse set) atau sebagian (mfn range). saya mah, pilih current browse set :D. kalo di bagian output to, pilih jadi ascii file (windows-ansi). lalu, di bagian print format, pilih print format yang kita siapin buat impor/konversi tadi (contoh yang saya buat, xls.pft). kalo itu sudah, tinggal klik print, lalu akan keluar window untuk penamaan data hasil cetakannya. PLEASE REMEMBER, buat ekstensi filenya, jangan pake .txt, tapi pake ektensi .csv. kalo kita pake .txt buat ekstensinya, nanti oleh si openoffice.org, malah dibukain word processor, bukannya ke dalam format tabel. namakan...data hasil konversi, misal, contoh.csv, dan klik...OK ;). dbase anda akan dikonversi dan hasilnya akan muncul di /home/direktori/anda/.wine/drive_c/WINISIS/WORK.

ya...sudah jadi dech, tinggal kita lihat hasilnya di spreadsheet. sekarang...buka spreadsheetnya, buka data .csv yang udah kita bikin tadi, dan...akan keluar window seperti ini.


buat setingannya sama dengan yang kaya' digambar. kalo dah sama, tinggal klik...OK! :D. and...we're done, converting our isis dbase into spreadsheet ;). semoga membantu.

Komentar

Postingan Populer