The Great Raid

Udah pernah nonton film yang satu ini? Bagi penggemar film2 action terutama film2 perang dunia ke-2, anda harus nonton film ini. Film ini nyeritain tentang PDII yang terjadi di Asia Pasifik.

Buat gue, film ini menambah wawasan tentang kekejaman PDII yang terjadi ngga' hanya di belahan Eropa sana (perang lawan Jerman), tapi juga di kawasan Asia-Pasifik (perang lawan Jepang), CMIIW. Perang di Asia-Pasifik juga ngga' kalah ganasnya dengan yang terjadi di Eropa. Terutama kalo ngeliat perlakuan tentara Jepang terhadap POWs (Prisoner of Wars-red).

Film ini mengisahkan tentang pembebasan 500 (sebenernya 512) orang tawanan perang di Camp Cabanatuan yang telah menjadi tawanan selama 3 tahun. Operasi pembebasan ini diinisiasi oleh 6th Army Rangers Batallion, yang dipimpin oleh Letkol Henry Mucci. Untuk strategi diserahkan kepada Kapt. Robert Prince, yang kalo menurut gue, strategi penyerangan dan pembebasan yang luar biasa. Hampir ngga' ada kesalahan, bersiihhh...!!! Kesalahan yang terjadi cuman salah tembak (friendly fire).

Pembukaan film, bikin bulu kuduk merinding. Soalnya kita disajikan, bagaimana perlakuan tentara Jepang terhadap tawanan perangnya saat itu. Adegan yang bikin gue makin ngeri, pada saat para tawanan perang di masukkan ke dalam lubang perlindungan, lalu dibakar hidup2!!! Setelah itu, film berjalan agak datar. Banyak bercerita tentang persiapan2 yang dilakukan oleh Mucci dan anak buahnya. Ketegangan mulai meningkat pada saat 6th bn dan alamo scouts bersama gerilyawan Filipina merencanakan penyerangan. Di dalam perang, memang tidak boleh ada yang salah! Semua harus sesuai dengan strategi yang sudah ditentukan. Kalo ngga'...akibatnya fatal! Ketegangan semakin meningkat lagi pada saat t-1hour sebelum penyerangan. Akhirnya penyerangan dilakukan setelah mendapat sinyal yaitu tembakan pertama dari Lt. Murphy.

Kalo melihat "raid" yang dilakukan oleh pasukan ini...luar biasa!!! tepat sesuai rencana dan cepat. Saking cepatnya, pasukan Jepang tidak tau mereka diserang oleh siapa dan darimana. Keuntungan lainnya, pasukan ini terlindungi oleh gelapnya malam, pitch dark! Dengan kata lain, suatu operasi penyelamatan yang luar biasa.

Kalo pengen tau ceritanya, bisa liat di link ini:
Raid at Cabanatuan
atau pengen liat review film-nya:
The Great Raid
atau pengen liat situs tentang army rangers yang terlibat di PDII:
World War 2 Army Rangers

Selamat nonton dan membaca, moga bisa jadi inspirasi bagi kita buat mengabadikan peperangan hebat di Indonesia :).

Komentar

Ozzan mengatakan…
Hmm..
gaya tulisan elu ttg resensi film ini okeh doel..
ngak percuma elu dulu ikutan kuliah Resensi Buku..
huehehehe...
buitenzorg812 mengatakan…
behehehe...ente bisa ajah dul. ajegile, ini tulisan jadul banget. bisa2nya ente nyangkut di marih :D. spontan ajah ini gue nulisnya. karena emang pelemnya keren sich.

yoyoy, tentang kuliah resensi buku, bukannya gue kewalahan waktu bikin resensinya yak :D. makasih dah mampir ah.

Postingan Populer