Langsung ke konten utama

Welcoming Fedora 26 ~ UPGRADE


Anda pengguna GnU/Linux Fedora dan sudah mendengar kabar bahwasanya Fedora v.26 sudah rilis? Segera tingkatkan versinya donq. Saya sudah ;).

Saya memang sudah menunggu. Sedari masih versi Alpha, ada keinginan untuk meningkatkan versi, tapi resiko ditanggung sendiri karena masih versi pengembangan. Sedangkan saya khawatir versi pengembangan bisa menghambat produktifitas saya. Ceritanya sich begitu.

Namun, setelah ada pengumuman resmi bahwasanya Fedora 26 sudah rilis secara resmi, saya memberanikan diri untuk segera meningkatkan versi Fedora, pada mesin yang saya gunakan. Oia, saat ini, dibandingkan dengan distribusi lain, sebut sahaja GnU/Linux Ubuntu, Fedora merupakan distribusi yang tingkat peningkatan versinya, dengan metode peningkatan daring, paling baik. Sudah beberapa kali saya melakukan peningkatan versi dengan cara peningkatan daring, hasilnya tidak pernah mengecewakan. Berbeda dengan distribusi lain.

Kemudian, bagaimana caraya melakukan peningkatan versi tersebut? Metoda peningkatan versi yang saya lakukan adalah peningkatan secara manual. Saya menggunakan Fedora dengan lingkungan destop MATE. Peningkatan secara manual dimaksud adalah dengan menggunakan Terminal (antarmuka baris perintah).

Pertama, perintah yang dimasukkan adalah:
# dnf upgrade --refresh
Untuk perintah berikutnya, apabila pernah melakukan peningkatan versi, tidak perlu memasukkan perintah ini:
# dnf install dnf-plugin-system-upgrade
Selanjutnya adalah masukkan perintah ini:
# dnf system-upgrade download --releasever=26
Sebagai catatan, berdasarkan informasi pada bahan bacaan dan pengalaman di lapangan, untuk menghindari masalah peningkatan versi karena paket yang tidak bisa ditingkatkan versinya, kerusakan ketergantungan, atau mungkin paket-paket yang sudah ketinggalan jaman, silahkan tambahkan opsi --allowerasing pada perintah di atas. Opsi tersebut memungkinkan dnf untuk secara otomatis menghilangkan hambatan yang terjadi ketika proses peningkatan dilakukan.

Kurang lebihnya, Terminal akan menampilkan daftar paket-paket yang dibutuhkan untuk Fedora 26.


Tunggu beberapa lama sampai proses pemasangan selesai. Ketika proses pemasangan selesai, perintah berikutnya adalah:
# dnf system-upgrade reboot
Pada saat boot ulang, grub masih akan menunjukkan informasi versi terdahulu. Biarkan sahaja. Tidak usah khawatir. Karena setelah masuk, proses peningkatan versi yang sebetulnya akan dimulai dan ini akan memakan waktu yang cukup lama. Cukup untuk Anda membuat kopi, memesan sepiring nasi goreng, sampai menghabiskannya. Mungkin. Tergantung spesifikasi mesin yang Anda gunakan :).





Nah, dengan ditutup menggunakan gambar terakhir di atas, proses peningkatan versi harusnya sudah selesai dan Fedora 26 sudah bisa dinikmati.

Untuk bacaan lebih lanjut, silahkan merujuk pada daftar bacaan di bawah. Semoga membantu.

Daftar bacaan:

  1. https://fedoramagazine.org/upgrading-fedora-25-fedora-26/
Keterangan:
Semua gambar yang disertakan diambil dari laman Fedora Magazine.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Great Raid

Udah pernah nonton film yang satu ini? Bagi penggemar film2 action terutama film2 perang dunia ke-2, anda harus nonton film ini. Film ini nyeritain tentang PDII yang terjadi di Asia Pasifik. Buat gue, film ini menambah wawasan tentang kekejaman PDII yang terjadi ngga' hanya di belahan Eropa sana (perang lawan Jerman), tapi juga di kawasan Asia-Pasifik (perang lawan Jepang), CMIIW. Perang di Asia-Pasifik juga ngga' kalah ganasnya dengan yang terjadi di Eropa. Terutama kalo ngeliat perlakuan tentara Jepang terhadap POWs (Prisoner of Wars-red). Film ini mengisahkan tentang pembebasan 500 (sebenernya 512) orang tawanan perang di Camp Cabanatuan yang telah menjadi tawanan selama 3 tahun. Operasi pembebasan ini diinisiasi oleh 6th Army Rangers Batallion, yang dipimpin oleh Letkol Henry Mucci. Untuk strategi diserahkan kepada Kapt. Robert Prince, yang kalo menurut gue, strategi penyerangan dan pembebasan yang luar biasa. Hampir ngga' ada kesalahan, bersiihhh...!!! Kesalahan yang t

Tampilan Terbagi ~ Notepad++

logo notepad++ (sumber wikipedia) Mesti dah pada paham lah, apa itu notepad++ . Ya? Pemahaman sederhana saya, notepad++ merupakan salah satu perangkat penyunting teks yang digunakan, utamanya, untuk menyunting berkas  pemrograman. Tentunya, lingkungan yang digunakan adalah lingkungan sistem operasi MS-Windows. Bisa saja digunakan untuk menyunting hal lain. Atau bahkan membuat berkas teks mandiri guna keperluan selain dari penulisan bahasa pemrograman. Saya ngga' akan menjelaskan panjang lebar tentang apa dan bagaimana aplikasi ini. Yang ingin saya tuliskan di sini hanya, bagaimana membuat tampilan terbagi ( split view ) pada notepad++. Apa guna? Bagi saya, untuk membandingkan isi dari satu skrip (pemrograman) dengan skrip yang lain. Fungsi ini saya perlukan disaat saya ingin melihat perubahan dari skrip yang saya susun (namun memiliki kutu) dengan skrip hasil perbaikan kawan saya. Mari kita mulai dengan gambar pertama. Di bagian ini, kita buka berkas yang ingin kita su

Portable SLiMS 9 Bulian: How to increase file size to upload large size attachment

Gambarnya pakek gambar lama yak 😆 Bukan bahas XAMPP koq, ini mau bahas SLiMS Portabel. Ternyata, belom banyak yang bahas bagaimana caranya meningkatkan kapasitas unggah lampiran pada SLiMS Portabel. Jadi begini, belakangan muncul pertanyaan-pertanyaan cara nambahin kapasitas berkas lampiran yang bisa diunggah kalo menggunakan SLiMS Portabel. Lho, ini jadi pertanyaan baru, bukankah metodenya sama, seperti pengguna XAMPP? Yaitu dengan mengubah variabel upload_max_filesize  dan post_max_size   dalam berkas php.ini . Pada SLiMS Portabel (SLiMS 9 Bulian), berkas tersebut ada di dalam direktori httpd/php . Gambar berkas php.ini yang akan disunting Gambar variabel post_max_size Gambar variabel upload_max_filesize "Betul, Bang. Saya sudah merubah nilai pada kedua variabel. Di SLiMS hasil perubahannya juga udah keliatan. Tapi, begitu saya upload  berkas yang ukurannya besar, tetep gagal, bang. Nggak ada berkas yang ke- upload". Nah, saya jadi penasirun kenapa bisa begitu. Lho iya! be